palestine and syriaDamaskus, LiputanIslam.com – Presiden Palestina Mahmoud Abbas menegaskan bahwa para pemimpin dan rakyat Palestina menolak campurtangan asing di Suriah. Pernyataan ini dikemukakan Abbas dalam suratnya kepada Presiden Suriah Bashar al-Assad Kamis (16/5/2014).

Kantor berita resmi Suriah, SANA, melaporkan bahwa dalam surat yang diserahkan oleh Duta Besar Palestina di Damaskus Mahmoud al-Khaledi itu Abbas juga menyatakan kondisi Suriah, baik sekarang maupun di masa mendatang, berpengaruh langsung pada rakyat Palestina. “Kedua bangsa bersaudara satu sama lain ini merupakan pasangan, baik di masa kini maupun di masa mendatang,” tulis Abbas.

Surat Presiden Palestina itu juga menyinggung perkembangan situasi Palestina, penolakan Israel terhadap undang-undang dan legitimasi internasional serta penistaannya terhadap hak rakyat Palestina, terutama terkait proyek pembangunan permukiman Zionis di wilayah pendudukan Palestina.

Abbas juga mengapresiasi kesediaan Suriah menampung para pengungsi Palestina selama sekian tahun silam, serta menyatakan prihatian atas krisis Suriah yang praktis juga telah menyulitkan kondisi para pengungsi Palestina.

Surat Abbas untuk Presiden Suriah itu diterima oleh Wakil Menteri Luar Negeri Suriah Faissal Mikdad. Dalam pertemuan dengan Dubes Palestina al-Khaledi, Mikdad mengapresiasi isi surat Presiden Abbas dan menyatakan berterima kasih atas dukungan rakyat Palestina kepada perjuangan pemerintah dan rakyat Suriah melawan terorisme yang telah menimbulkan banyak kerusakan di Suriah.

Mikdad juga menyatakan bahwa pemerintah Suriah gigih melindungi kamp-kamp Palestina dari serangan para teroris dan akan terus berusaha mengembalikan para pengungsi Palestina yang terusir dari kamp-kamp pengungsi mereka akibat ulah kelompok-kelompok teroris. (mm/sana)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL