agreement between Fatah and Hamas  in Cairo, EgyptRamallah, LiputanIslam.com – Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengadakan pembicaraan “positif” dengan pemimpin Hamas Khaled Mashaal di Doha, ibu kota Qatar, Senin (5/5/2014). Pertemuan ini merupakan pertama kalinya sejak dua faksi rival Palestina itu membuat kejutan berupa kesepakatan persatuan nasional bulan April lalu.

Pembiacaraan itu dilakukan setelah Presiden Abbas mengadakan pertemuan singkat dengan Emir Qatar Syekh Tamim bin Hamad al-Thani.
“Abbas dan Mashaal mengadakan pertemuan panjang sore ini di Doha untuk mendikusikan perkembangan terkini Palestina, termasuk mengenai perjanjian rekonsiliasi dan penciptaan atmosfir yang positif untuk meraihnya,” ujar Hamas dalam statemennya.

Menurut statemen ini, diskusi antara lain terfokus pada pembentukan pemerintahan nasional yang melibatkan perwakilan dari semua faksi Palestina. “Pertemuan berlangsung positif dan kedua pemimpin sama-sama menunjukkan keseriusannya untuk membuka lembaran baru yang bertumpu pada persatuan nasional,” imbuh statemen tersebut.

Disebutkan pula bahwa kedua pemimpin Palestina itu juga membicarakan kordinasi semua upaya yang ada dalam menghadapi kekerasan dan kebrutalan Israel di Masjid al-Aqsha yang merupakan tempat suci ketiga umat Islam.

Tanggal 23 April lalu Hamas dan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), termasuk gerakan Fatah, menyatakan bertekad untuk meredam perselisihan antara keduanya dan mengupayakan pembentukan pemerintahan persatuan nasional. Keduanya berkomitmen untuk membangun pemerintahan itu dalam jangka waktu tujuh minggu sejak tercapainya kesepakatan tersebut, dan enam bulan kemudian menyelenggarakan pemilihan umum.

Perkembangan ini direaksi keras Rezim Zionis Israel dengan cara membekukan apa yang disebut perundingan damai Israel-Palestina serta mengancam akan menerapkan sanksi-sanksi terhadap Otoritas Palestina.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu 24 April lalu menyebut kesepakatan Hamas-PLO sebagai tamparan bagi Israel. Tiga hari kemudian dia memastikan Tel Aviv tidak akan mengikuti negosiasi dengan pemerintahan Palestina yang melibatkan Hamas. (mm/gulftoday/worldbulletin/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL