Beirut, LiputanIslam.com – Presiden Lebanon Michel Aoun menyambut baik pengakuan Saad Hariri untuk kembali ke Beirut setelah sekira 10 hari berada di Arab Saudi dan menyatakan mundur dari jabatannya sebagai perdana menteri Lebanon.

Saat menyatakan hal tersebut Presiden Aoun menekankan lagi bahwa dirinya sangat menantikan kedatangan Hariri untuk menyimak langsung alasan mengapa dia mundur dan bagaimana kondisinya selama berada di Saudi.

“Saya bergembira atas penyataan Perdana Menteri Hariri bahwa dia akan pulang ke Lebanon dalam waktu dekat, dan ketika (pulang) itu kami akan mengetahui darinya semua kondisi, keadaan, dan kekuatiran yang memerlukan penyembuhan,” tulis Aoun melalui halaman Twitter-nya, Senin (13/11/2017).

Ahad malam lalu Hariri diwawancara oleh saluran TV Lebanon Al-Mustaqbal yang berafiliasi dengan kubu politiknya sendiri. Dalam wawancara pertama kali dengan media sejak dia di Riyadh pada 4 November lalu tiba-tiba mengumumkan pengunduran dirinya ini dia mengatakan, “Saya akan kembali ke Lebanon dalam waktu yang sangat dekat ini untuk menempuh tindakan-tindakan konstitusional yang diperlukan (terkait dengan pengunduran dirinya).”

Aoun belum bersedia menerima dan mengakui mundurnya Hariri. Dia bersikukuh untuk tetap menunggu kedatangan Hariri guna mendapatkan penjelasan langsung darinya ihwal pengunduran dirinya.

Sebelumnya, Aounmengatakan bahwa kondisi yang dialami Hariri di Saudi “membatasi kebebasannya” dan bahwa “apa yang telah dan akan keluar darinya meragukan, tidak jelas, dan tak dapat dijadikan pegangan, atau dianggap sebagai sikap yang sepenuhnya berasal dari kehendaknya.”

Lawan politik Hariri di Lebanon, khususnya Hizbullah, menyatakan Hariri mundur akibat “didekte oleh Saudi. “

Hingga kini Hariri masih berada di Riyadh dan dilaporkan telah menerima kunjungan dubes Jerman dan dubes Inggris serta ketua utusan Uni Eropa untuk Saudi, Senin (13/11/2017). (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL