Beirut, LiputanIslam.com –  Presiden Lebanon Michel Aoun dalam wawancara dengan majalah Perancis Le Figaro menyatakan bahwa senjata yang dimiliki oleh kelompok pejuang Hizbullah yang berbasis di Lebanon semata-mata untuk menjamin perlawanan terhadap Rezim Zionis Israel.

Seperti dikutip FNA, Minggu (24/9/2017), saat ditanya mengapa pemerintah Lebanon tidak melucuti senjata Hizbullah dia menjawab, “Hizbullah tidak menggunakan senjatanya di kancah dalam negeri, senjata ini semata-mata untuk menjamin resistensi kami di depan rezim Israel yang masih menduduki sebagian wilayah kami, yaitu sekira 30 kilometer persegi di wilayah pertanian Sheeba (Lebanon selatan).”

Dia juga menjelaskan, “Selagi Israel tidak mengindahkan resolusi-resolusi Dewan Keaman PBB dan berbagai kesepakatan internasional lainnya maka kami tidak dapat menghalangi Hizbullah dari senjatanya. Bagaimana mungkin Israel kapanpun dan bagaimanapun dapat mengobarkan perang terhadap pihak lain sementara pihak lain tak berhak membela diri? Ini tak dapat diterima.”

Mengenai sikap Lebanon terhadap perang Suriah dia mengatakan, “Lebanon tetap teguh (pada sikapnya) meskipun selama perang Suriah terdapat pernyataan-pernyataan panas sebagian politisi. Strategi kami terhadap perang ini ialah menjaga perbatasan Lebanon dan tak berpihak di depan persoalan internal Suriah.” (mm/fna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL