iran presiden dan presiden cinaShanghai, LiputanIslam.com – Presiden Iran Hassan Rouhani menyatakan Teheran akan gigih berusaha memberikan kontribusi untuk meningkatkan prestasi Konferensi Interaksi dan Pembangunan Kepercayaan di Asia (CICA).

Hal ini dia kemukakan dalam pertemuan dia dengan Presiden Cina Xi Jinping di sela-sela Pertemuan puncak ke-4 Cica di Shanghai Kamis kemarin (22/5). “Bersama Anda kami akan berusaha keras membantu kesuksesan CICA,” ujar Presiden Rouhani.

Dia juga menyinggung perkembangan Hubungan Teheran-Beijing sejak keduanya bertemu di ibukota Kyrgyzstan, Bishkek, pada September 2013 menjelang pertemuan puncak Organisasi Kerjasama Shanghai. “Sejak pertemuan kita di Bishkek,” ungkap Rouhani kepada Xi Jinping, “kami menyaksikan adanya banyak kemajuan (hubungan bilateral).”

Presiden Iran juga mengepresiasi optimalitas pemerintah Cina dalam memanej pertemuan puncak CICA dan menyebut pertemuan ini telah membuahkan hasil yang baik.

Di pihak lain, Presiden Xi Jinping menyatakan hubungan kedua negara berada di level tanggi dan memuaskan. Dia mengatakan, “Pemerintah Cina puas terhadap trend kemajuan hubungannya dengan Republik Islam Iran.” Dia juga menyebutkan bahwa selama beberapa tahun terakhir, transaksi antara kedua negara terus meningkat dan keduanya juga selalu bertukar pikiran mengenai berbagai isu regional dan global.

CICA merupakan forum multinasional yang ditujukan untuk meningkatkan kerjasama dalam upaya mempromosikan perdamaian, keamanan dan stabilitas di Asia. Forum ini menghimpun 24 negara, termasuk Mesir, Turki, Iran, Uni Emirat Arab, Pakistan, Afghanistan, Azarbaijan, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Rusia, dan India.

Presiden Iran pulang dari Shanghai ke Teheran Kamis kemarin, disambut oleh Penasehat Pemimpin Besar Revolusi Islam Iran Ali Velayati, Wakil Pertama Presiden Iran Majid Ansari, dan sejumlah pejabat Iran lainnya. (mm/presstv/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL