Hassan-RouhaniBushehr, LiputanIslam.com – Presiden Iran Hassan Rouhani menyatakan Teheran tidak akan lumpuh akibat konspirasi penurunan harga minyak global, dan Iran sudah mengatur strategi untuk mematahkan konspirasi ini.

“Negara-negara yang menggalang konspirasi penurunan harga minyak pada akhirnya akan menyesal sendiri. Mereka tidak akan dapat melanjutkan konspirasi minyak ini,” katanya dalam pidato di depan masyarakat provinsi Bushehr, Iran, sebagaimana dilaporkan Alalam Selasa (13/1/2015).

Dia menambahkan, “Negara-negara minyak seperti Arab Saudi dan Kuwait jauh lebih tertimpa kerugian dibanding kerugian yang ditimpakan kepada Iran.”

Dia menjelaskan bahwa berdasarkan statistik, 80 persen anggaran tahunan Arab Saudi sangat bergantung pada penjualan minyak, dan 90 persen ekspor negara ini juga berupa minyak mentah.

Sedangkan Kuwait, lanjutnya, 90 persen anggarannya juga berkaitan erat dengan minyak, dan 95 persen ekspornya juga berasal dari minyak mentah.

“Adapun Iran, angggarannya bergantung pada minyak hanya sebesar 33 persen,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan bahwa anggaran Iran pada tahun baru semakin berkurang kebergantungannya kepada minyak dibanding tahun-tahun sebelumnya. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*