Teheran, LiputanIslam.com –  Presiden Republik Islam Iran Hassan Rouhani mengajak negara-negara jirannya untuk “mengusir kaum Zionis”, dan menyatakan bahwa “akar persoalan regional” terletak pada “arogansi” Amerika Serikat (AS) dan Israel.

Ajakan itu dia serukan dalam pidato sambutannya pada peringatan Hari Angkatan Bersenjata Iran, Kamis (18/4/2019), sembari mengingatkan bahwa “bangsa-bangsa regional telah hidup rukun berdampingan satu sama lain selama berabad-abad tanpa masalah apapun.”

Ditujukan kepada “bangsa-bangsa regional, negara-negara tetangga, dan bangsa-bangsa Muslim”, Rouhani menegaskan, “Angkatan Bersenjata Iran sama sekali tidak pernah anti kalian atau anti kepentingan nasional kalian. Angkatan Bersenjata kami justru berdiri menghadang para agresor. Angkatan bersenjata kami adalah pasukan bagi negara-negara kawasan dan dunia Islam.”

Dalam pidato yang disiarkan di televisi itu dia juga mengingatkan, “Jika kita sekarang memiliki problema di  kawasan maka akarnya adalah arogansi AS atau kaum Zionis… Jika sekarang adalah masalah maka penyebabnya adalah pihak-pihak. Maka marilah kita bangkit, bersatu, dan membersihkan kawasan ini dari keberadaan para agresor.”

Dia kemudian menyerukan pengusiran kaum Zionis dari kawasan Timteng.

“Mari kita usir kaum Zionis, yang sengaja mengandalkan kejahatan di kawasan sejak 70 silam, dan mari kita kembalikan kepada Palestina hak-hak historisnya melalui  solidaritas dan rasa persaudaraan. Kemenangan final, tak syak lagi, adalah kemenangan orang-orang yang mulia.”

Republik Islam Iran memandang dukungan kepada bangsa Palestina di depan kejahatan Rezim Zionis Israel sebagai bagian keputusan prinsipal dalam kebijakan luar negerinya sejak kemenangan revolusi Islam pada tahun 1979.

Pada Juni 2018 Pemimpin Besar Iran Grand Ayatullah Ali Khamenei kembali menegaskan pendirian Iran bahwa Israelmerupakan “kangker yang harus dibasmi di Timteng.

Sementara itu, pada Kamis kemarin televisi Iran untuk pertama kalinya menayangkan jet tempur Kosar buatannya yang pernah diungkap pada Agustus tahun 2018. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*