afghanistan obama and karzaiTeheran, LiputanIslam.com – Presiden Afghanistan Hamid Karzai dilaporkan telah menolak permohonan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama untuk berjumpa dengannya di pangkalan militer Begram, Afghanistan.

Mengutip laporan kantor berita Perancis, AFP, Ahad malam (25/5) kantor berita Iran, IRNA, menyebutkan bahwa penolakan Presiden Karzai tersebut dinyatakan oleh seorang pejabat AS yang tidak disebutkan namanya, dan pejabat itu mengaku heran dan terkejut atas penolakan tersebut.

Meski terkejut, dia mengakui bahwa permintaan Obama itu mendadak dan tidak tercantum dalam agenda lawatan Obama ke pangkalan militer Begram sehingga ditolak oleh Hamid Karzai.

IRNA menyebutkan bahwa koran Perancis Le Figaro juga memberitakan perihal penolakan Karzai tersebut dan melaporkan bahwa pertemuan Obama dengan Karzai, demikian pula dua tokoh yang bersaing dalam pemilu Afghanistan, Dr. Abdullah Abdullah dan Ashraf Ghani Ahmadzai, tidak ada dalam agenda lawatan Obama ke Afghanistan. Selain itu, lawatan tersebut juga dilakukan Obama secara mendadak.

Presiden AS Barack Obama tiba di Begram, 40 kilometer utara Kabul, ibu kota Afghanistan, pada Ahad malam (25/5). (mm/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL