More Israeli-made missiles found in SyriaDaraa, LiputanIslam.com – Sedikitnya 39 nyawa melayang dan sekitar 205 orang lainnya menderita luka-luka akibat serangan roket terhadap sebuah posko kampanye pemilu di kota Daraa Kamis (22/5).

Demikian dilaporkan TV Suriah Jumat (23/5) sembari menyebutkan bahwa roket itu ditembakkan oleh kawanan bersenjata terhadap tenda yang saat itu menjadi tempat berkumpulnya para simpatisan Presiden Incumbent Suriah Bashar al-Assad di Daraa. Disebutkan bahwa di antara para korban terdapat kaum perempuan dan anak kecil.

Sebelumnya, berbagai kelompok pemberontak dan ekstrimis di Suriah mengacam akan menyerang pusat-pusat kampanye para kandidat presiden Suriah dalam pemilu yang akan diselenggarakan pada 3 Juni mendatang. Dengan semakin dekatnya jadwal tersebut, mereka kini berusaha keras untuk menggagalkan pemilu. Pemilu itu juga dikecam oleh Barat dan beberapa negara sekutunya di Timur Tengah.

Gubernur provinsi Daraa Mohammad Khaled Hannous mengatakan bahwa serangan terhadap warga sipil di kawasan al-Matar, Daraa, itu dilakukan untuk meneror penduduk agar tidak berpartisipasi dalam pemilu.

Meski demikian, dalam pernyataan di TV satelit Suriah, Hannous mengaku dirinya telah menerima banyak pernyataan via telefon bahwa “rakyat Daraa sudah tidak sabar lagi untuk mendatangi kotak-kotak pemungutan suara dengan harapan dapat menyingkirkan para garong dan bandit yang tidak mengenal apapun kecuali pembunuhan dan perusakan”.

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB), Ban Ki-Moon, mengutuk serangan tersebut dan menyerukan kepada semua pihak yang bertikai agar menghentikan aksi kekerasan terhadap warga sipil.

Menurut juru bicaranya, Ban mengingatkan bahwa penggunaan senjata terhadap warga sipil oleh kelompok manapun merupakan pelanggaran terhadap hak asasi manusia. Dia juga menyayangkan ketidak mampuan masyarakat internasional melakukan upaya kolektif untuk menyelesaikan krisis Suriah. (mm/sana/fna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL