Kairo, LiputanIslam.com –  Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo dalam pidatonya di di Universitas Amerika di Kairo, Mesir, Kamis (10/1/2019), menegaskan bahwa negaranya akan terus bekerja melalui kanal “diplomasi” dengan negara-negara sekutunya untuk “mengusir” Iran dari Suriah bahkan setelah penarikan pasukan AS dari Suriah.

Dalam pidatonya untuk mempresentasikan strategi Presiden AS Donald Trump di Timur Tengah, Pompeo berjanji bahwa Washington akan terus bekerja untuk “mempertahankan kemampuan militer Israel” untuk “membela diri terhadap petualangan agresif rezim Iran.”

Pompeo menekankan bahwa penarikan pasukan AS dari Suriah tidak akan memengaruhi komitmen Washington dalam perang melawan terorisme.

“Penarikan pasukan dari Suriah tidak mempengaruhi komitmen kami untuk mengakhiri keberadaan rezim Negara Islam (IS/ISIS), juga tidak akan mempengaruhi perjuangan kami melawan terorisme,” katanya.

Menurutnya, Trump telah beberapa kali memerintahkan serangan ke posisi pemerintah Suriah dengan latar belakang apa yang diklaimnya sebagai penggunaan senjata kimia oleh Presiden Suriah Bashar al-Assad.

“Trump siap untuk melakukan operasi militer di Suriah lagi, tetapi kami berharap dia tidak terpaksa melakukan itu,” ujarnya.

Pompeo menekankan bahwa pemerintahan Trump akan membawa militer AS pulang dari Suriah ke rumah mereka, tetapi AS tetap berkomitmen pada misi membasmi ISIS.

Mengenai Iran dia mengklaim, “AS tidak pernah menjadi kekuatan pendudukan, tidak seperti Iran.”

Dia menambahkan bahwa “ambisi Iran tidak terbatas pada Timur Tengah,” dan menyerukan kepada semua negara agar bekerja sama membendung sepak terjang Iran.

Pompeo memuji upaya sekutu AS di kawasan Timteng untuk “membangun perdamaian”, dan menyebut AS  berupaya membangun aliansi dengan negara-negara Dewan Kerjasama Teluk, Mesir dan Yordania.

Dia juga memastikan bahwa AS tidak akan membiarkan kondisi Hizbullah di Libanon berkelanjutan seperti sekarang, terutama ancamannya untuk menghujani Israel dengan rudal. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*