pm turki yildirimAnkara, LiputanIslam.com – Pemerintah Turki memastikan bahwa Suriah dan negara-negara lain di kawasan akan menyaksikan “perkembangan cantik” berkat kerjasama Turki dengan negara-negara sekitarnya dalam menyelesaikan berbagai persoalan regional. Hal ini dikatakan oleh Perdana Menteri Turki Binali Yildirim di depan para anggota dewan eksportir Turki dalam sebuah rapat di Istana Cankaya, Ankara, Rabu (10/8/2016).

“Setelah ini Turki akan bekerja secara lebih erat dengan negara-negara regional untuk mengatasi isu-isu regional, terutama Suriah, sebagaimana kami telah menyelesaikan problema kami dengan Israel, dan sebagaimana kami telah mengembalikan semua urusan dengan Rusia pada jalurnya yang tepat. Kita akan menyaksikan perkembangan cantik di Suriah dan negara-negara lain di kawasan. Tahap itu sudah dimulai, sudah mengambil langkah-langkahnya, dan kita akan sama-sama melihat hasilnya,” kata Yildirim, sebagaimana dilansir kantor berita Turki, Anadolu.

Dia menambahkan bahwa negara-negara regional sendiri lebih berpotensi dibanding negara-negara lain dalam upaya mencarikan solusi yang benar bagi isu-isu regional.

“Kita sudah melihat apa yang terjadi akibat peranan orang-orang yang tidak mengetahui secara persis berbagai peristiwa yang ada karena jauhnya posisi mereka dari kawasan. Di Suriah, misalnya, 500,000 orang yang tak berdosa terbunuh, sementara Turki menjadi tuan rumah bagi tiga juta orang Suriah.”

Dia juga mengatakan bahwa Turki harus berperan besar dalam penyelesaian aneka persoalan regional karena ketidak pedulian dalam masalah ini tak ubahnya dengan “tidak adanya hasrat kepada penyelesaian.”

Mengenai upaya kudeta gagal di Turki, Yildirim mengatakan bahwa peristiwa ini telah mengungkap mana sahabat dan mana musuh bagi Turki. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL