Israeli NetanyahuTel Aviv, LiputanIslam.com – Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, mengancam akan melancarkan serangan lagi terhadap Suriah, menyusul serangan darat dan udara negara Zionis itu ke sejumlah target di Suriah belum lama ini.

Senin (23/6/2014) Netanyahu mengatakan Israel akan merespon dengan serangan yang lebih telak jika Suriah melancarkan serangan balasan.

“Kemarin malam kami beroperasi dengan kekuatan besar terhadap target-target di Suriah yang telah melakukan tindakan terhadap kita, dan jika diperlukan kita akan menggunakan kekuatan tambahan,” ujar Netanyahu kepada para anggota partai ekstremnya, Likud, sebagaimana dikutip Press TV Selasa (24/6/2014).

“Kita akan kontinyu menyakiti siapapun yang menyerang kita atau mencoba menyerang kita,” imbuhnya.

Menurut militer Israel, serangan udaranya telah menerjang sembilan sasaran di Suriah, sementara berbagai laporan menyatakan bahwa serangan itu menewaskan sedikitnya 10 orang. Israel mengklaim serangannya juga telah menghancurkan dua tank, dua unit artileri, dan beberapa markas Brigade 90 Suriah.

Suriah mengutuk serangan Israel dan menyebutnya sebagai pelanggaran secara terbuka terhadap wilayah Suriah. Damaskus mendesak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) supaya ikut mengutuk agresi tersebut.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Suriah dalam surat terpisahnya kepada Sekjen PBB dan Ketua Dewan Keamanan PBB menyatakan,“Israel telah melancarkan agresi baru terhadap wilayah Suriah pada Minggu dan Senin lalu ketika mereka menembakkan peluru anti tank, peluru mortir dan roket terhadap pos-pos pasukan penegak hukum Suriah.”

Kemlu Suriah meminta Dewan Keamanan PBB menunaikan tanggungjawabnya karena agresi Israel tersebut “mengancam perdamaian dan keamanan di kawasan dan bahkan dunia.”

Menurut berbagai laporan, Israel melancarkan serangan ke Suriah beberapa jam setelah seorang remaja Israel tewas di wilayah pendudukan Dataran Tinggi Golan akibat misil yang diduga meluncur dari wilayah Suriah.

Insiden itu sendiri terjadi ketika tentara Suriah terlibat kontak senjata dengan militan yang berafiliasi dengan al-Qaeda di kawasan sekitar Dataran Tinggi Golan sehingga ada peluru-peluru yang jatuh di dataran tersebut. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL