بالصور.. قوات عراقية تنتظر ساعة الصفر لاقتحام تكريتBaghdad, LiputanIslam.com – Perdana Menteri (PM) Irak, Haider Abadi, mengumumkan bahwa operasi militer untuk pembebasan provinsi Salahuddin dari tangan kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) telah dimulai.

Juru bicara kantor PM Irak Saad al-Hadithi Minggu malam (01/3/2015) mengatakan kepada al-Sumaria News bahwa seluruh pasukan Irak telah bergerak untuk operasi pembebasan provinsi Salahuddin sesuai instruksi PM Abadi selaku panglima tertinggi angkatan bersenjata Irak, setelah sebelumnya telah dilakukan berbagai persiapan, termasuk menyangkut strategi untuk menekan jumlah korban dan kerugian di pihak warga sipil.

“Melindungi warga sipil adalah tujuan strategis bagi pemerintah. Sudah ada penjelasan-penjelasan supaya jangan sampai mengusik warga sipil selagi mereka tidak mengangkat senjata atau bergabung dengan ISIS,” ungkap al-Hadithi.

Sebelum itu, PM Irak Minggu siang bertolak ke kota Samarra, provinsi Salahuddin, dan begitu tiba di sana dia segera mengadakan pertemuan dengan para komandan militer dan keamanan.

Sementara itu, sumber keamanan Komando Operasi Salahuddin menyatakan bahwa pasukan keamanan Irak berhasil menguasai daerah permukiman al-Tin dekat Universitas Tikrit di bagian utara kota Tikrit, ibu kota provinsi Salahuddin, sementara pasukan militer Irak berhasil menguasai kawasan Albu Obeid di barat Tikrit.

Dia menambahkan bahwa pasukan keamanan telah melancarkan serangan artileri dan roket secara masif ke berbagai kawasan yang dikuasai ISIS di Tikrit dan sekitarnya. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*