haider abadi pm irakParis, LiputanIslam.com –  Perdana Menteri (PM) Irak Haider Abadi mengumumkan pasukan Irak sudah memulai operasi militer untuk pembebasan provinsi Ninawa di bagian utara Irak dari cengkraman gerombolan teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Dalam konferensi pers bernama Menteri Luar Negeri (Menlu) Perancis Laurent Fabius dan Wakil Menlu Amerika Serikat (AS) Tony Blinken di Paris, ibu kota Perancis, Selasa kemarin (2/6) menyatakan satuan-satuan militer Irak sedang bergerak menuju Ninawa. Dia juga memastikan pasukan Irak “tidak pecah” meskipun di saat yang bersamaan juga berperang melawan ISIS di provinsi Anbar.

Mengenai jatuhnya Ramadi, ibu kota Anbar dia menyatakan hal itu terjadi karena berbagai faktor yang sekarang masih dalam proses penyeledikan.

“Pasukan kami tidak pecah akibat pertempuran melawan ISIS, dan sudah ada perencanaan militer untuk pembebasan Anbar sepenuhnya,” katanya, seperti dikutip Fars News.

Dia menambahkan, “Pasukan Irak mulai bergerak menuju Ninawa, dan dewasa ini sudah memulai operasi pembebasan provinsi ini setelah penunjukan komandan operasi pembebasan Ninawa… ISIS terbentuk bukan di Irak, melainkan tumbuh dan didirikan di Suriah serta terus mendapatkan dukungan dari luar wilayah Irak.”

Abadi tiba di Paris Selasa kemarin untuk menghadiri konferensi koalisi internasional anti ISIS.

Dalam pernyataannya di TV Irak sebelum berangkat ke Paris Abadi mengatakan bahwa upaya internasional gagal mengentikan kedatangan para teroris ke Irak. Menurutnya, mengalirnya kawanan bersenjata ke Irak tidak berhenti ataupun berkurang.

Sementara itu, TV al-Mayaden melaporkan bahwa tentara dan relawan Irak berhasil membebaskan bendungan Baiji di utara Tikrit, ibu kota provinsi Salahuddin, dari tangan gerombolan teroris ISIS.

Kota Tikrit sendiri pada 31 Maret sudah bebas dari pendudukan ISIS melalui operasi yang dilancarkan tentara dan relawan Irak selama  sekitar satu bulan. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL