haider abadi pm irakBaghdad, LiputanIslam.com –  Perdana Menteri Irak Haider Abadi mengungkapkan keyakinannya bahwa pasukan gabungan Irak akan dapat mengalahkan kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di kota Fallujah, provinsi Anbar, Irak barat. Dia memastikan bahwa pasukan teroris takfiri ISIS sudah “runtuh” di dalam kota itu, sementara pemerintah Irak menempuh tindakan-tindakan tertentu demi mencegah jatuhnya korban di pihak sipil di tengah pertempuran.

“Musuh, ISIS, sudah runtuh di Fallujah, dan pasukan kita yang gagah berani akan segera mencetak kemenangan dalam waktu dekat di kota ini,” katanya saat memimpin rapat kabinet Irak, Selasa (24/5), sebagaimana dilansir al-Sumaria News.

Dia menambahkan, “Pemerintah menekankan keinginannya akan keselamatan warga sipil Fallujah sehingga menempuh semua tindakan yang diperlukan untuk menjamin tidak adanya korban yang jatuh dari kalangan sipil. Pemerintah memperhatikan dan mementingkan kondisi kemanusiaan, dan sedapat mungkin menjaga bangunan infratruktur kota.”

Sehari sebelumnya Abadi mengumumkan dimulainya operasi pembebasan Fallujah dari pendudukan ISIS. Dia menegaskan bahwa kota ini akan segera kembali kepada penduduknya dan bendera Irak akan kembali berkibar di sana.

Sementara itu, al-Alam melaporkan bahwa pasukan Irak melakukan operasi penyisiran anggota ISIS di semua jalan dan desa yang membentang dari kota al-Karmah hingga gerbang kota Fallujah.

Pasukan Irak sudah berkonsentrasi di lokasi dekat jembatan al-Sajar di bagian utara Fallujah setelah membebaskan jembatan al-Tufahah, memasuki kawasan permukiman al-Naimiyah di bagian selatan, dan mencapai gerbang-gerbangnya di bagian timur.

Dilaporkan pula bahwa  di tengah porak porandanya barisan serdadu ISIS, pasukan gabungan Irak sudah mendekati jalur internasional di bagian timur Fallujah.

Sebelumnya, pasukan gabungan Irak mengumumkan dimulainya tahap kedua operasi pembebasan Fallujah dari cengkraman ISIS.
Para petinggi relawan al-Hashd al-Shaabi memastikan bahwa sejauh ini lebih dari 10 desa dan distrik di sekitar Fallujah sudha berhasil dibebaskan. Pasukan ini juga berhasil mensterilkan kawasan Jamilah dan Albu Audah sehingga pasukan Irak yang didukung relawan dapat memperkuat kepungan terhadap Fallujah. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL