heider abadi irak 2Teheran, LiputanIslam.com – Perdana Menteri (PM) Irak Haider Abadi beserta rombongan tiba di Teheran Senin malam (20/10). Kedatangannya selaku ketua delegasi ekonomi-politik Irak disambut oleh Wakil Menteri Luar Negeri Iran Urusan Arab dan Afrika, Hossein Amir Abdollahian.

Menurut laporan FNA, Abadi datang ke Teheran untuk lawatan satu hari, dan dijadwalkan akan mengadakan pertemuan dengan Presiden Hassan Rouhani, ketua Majelis Syura Islam Ali Larijani, dan beberapa pejabat lran lainnya.
Lawatan ke Iran ini merupakan kunjungan regional pertama kali yang dilakukan Abadi sejak menjabat perdana menteri Irak.

Kantor PM Irak dalam statemennya menyatakan bahwa kunjungan Abadi ke Iran dilakukan terutama dalam rangka mempersatukan upaya bantuan regional dan dunia kepada Irak dalam penumpasan organisasi teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Kantor PM Irak juga menyatakan bahwa PM Irak gigih berusaha memperkuat hubungan negara ini dengan negara-negara regional dan dunia, khususnya negara-negara jiran.

Saat berada di kota Najaf, Irak, sebelum bertolak dari kota ini ke Teheran Abadi mengapreasi baiknya hubungan negaranya dengan Iran. Pada kesempatan itu kepada wartawan dia juga menyebut Iran sebagai salah satu negara kuat dan maju di dunia.

Lebih jauh dia memastikan bahwa Baghdad sudah terjauh dari bahaya infiltrasi para teroris ke Baghdad dan sudah tidak ada lagi ancaman serbuan ISIS ke Baghdad.

“ISIS sudah kami jauhkan dari sekeliling Baghdad, dan kami sekarang sedang dalam proses penghancuran mitos ISIS di semua penjuru Irak,” ujarnya. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL