iraq mesirBaghdad, LiputanIslam.com – Pernyataan Presiden Mesir Abdel Fatah al-Sisi terkait krisis Irak mendapat sambutan gembira dari Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki. Di saat yang sama, Maliki menerima surat dukungan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB) Ban Ki-moon kepada perjuangan Irak melawan terorisme.

Sebagaimana dilansir al-Alam, dalam siaran pers kantor perdana menteri Irak Selasa (8/7/2014) disebutkan bahwa Maliki telah mengadakan percakapan telefon dengan al-Sisi. Dalam percakapan itu Maliki menyatakan harapannya supaya hubungan Irak-Mesir terus menguat dan berkembang. Dia juga menyampaikan apresiasinya atas penolakan al-Sisi terhadap disintegrasi Irak.

Dalam siaran pers itu disebutkan bahwa Maliki dalam kontak telefonnya dengan al-Sisi telah menegaskan “keharusan memperluas cakrawala kerjasama bilateral demi memperkuat ‘hubungan komplementer’ antara keduanya.” Maliki mengatakan, “Kerjasama kita harus berlanjut dan berkesinambungan demi mempersatukan sikap dan menggalang kordinasi antarnegara kita.”

Maliki menyatakan berterima kasih atas “sikap dan pendirian Mesir yang mendukung perang Irak melawan terorisme, membela persatuan Irak dan mengingatkan bahaya segala bentuk upaya penjerumusan Irak pada perpecahan.”

Presiden al-Sisi dalam pertemuan dengan para pimpinan redaksi berbagai media Mesir Ahad (6/7/2014) mengecam gagasan referendum Kurdistan Irak dan menyebutnya sebagai petaka.

Sebagaimana pernah diberitakan, dia mengatakan, “Referendum yang sekarang diinginkan oleh penduduk Kurdi tak lain adalah awal petaka pemecahan Irak menjadi negara-negara yang saling bermusuhan, dimulai dari negara Kurdi yang setelah itu meluas hingga ke Suriah yang juga dihuni oleh penduduk bersuku Kurdi, kemudian merambah lagi ke Jordania yang juga dihuni oleh penduduk seperti di Irak.”
Perdana Menteri Irak memastikan kepada al-Sisi kesolidan sikap angkatan bersenjata Irak dalam perang melawan terorisme.

“Pasukan kami sekarang telah meraih kemajuan dalam upaya memulihkan kontrolnya atas berbagai wilayah yang telah lepas dari kendali mereka. Mereka bertekad untuk merealisasikan tujuan ini secepatnya,” ujar Maliki.

Menurut siaran pers tersebut, al-Sisi akan mengutus menteri luar negerinya ke Baghdad. Dalam percakapan telefon itu dia menekankan penguatan hubungan persaudaraan antara kedua negara dan pembahasan mengenai cakrawala kerjasama kedua negara di semua bidang.
Sementara itu, Selasa (8/7/2014) Maliki juga menerima surat dari Sekjen PBB Ban Ki-moon berisikan dukungan kepada pemerintah Irak dalam perang melawan terorisme.

Menurut siaran pers kantor perdana menteri Irak, dalam surat yang diserahkan oleh Wakil Sekjen PBB di Irak, Nikolay Mladenov, tersebut Ban mengatakan, “Kami mendukung upaya keras yang Anda lakukan demi menumpas bahaya besar yang sedang direpresentasikan oleh kelompok ‘Daulah Islam’ (ISIS).” Dia juga menyerukan keharusan menjaga kesatuan Irak dan mengingatkan bahaya segala bentuk upaya yang mengarah kepada perpecahan Irak. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL