Ramallah, LiputanIslam.com –  Dewan Pusat PLO menyatakan pihaknya memutuskan untuk menangguhkan semua komitmen kepada Israel sampai rezim penjajah Palestina ini mengakui negara Palestina.

Dalam keputusan  yang diumumkan usai rapat pada Senin malam (29/10/2018), itu PLO menegaskan akan menghentikan semua komitmennya itu sampai Israel mengakui negara Palestina sesuai perbatasan tahun 1967 denganal-Quds Timur (Yerussalem) sebagai ibukotanya.

Komitmen itu termasuk kerja sama keamanan dan perjanjian perdagangan yang dicapai antara Israel dan Otoritas Palestina.

Meski demikian, keputusan dalam rapat Dewan Pusat PLO yang juga dihadiri oleh Ketua Otoritas Palestina Mahmoud Abbas itu tidak mengikat dan hanya merekomendasi Otoritas Palestina dalam pembuatan kebijakan di masa mendatang.

Dewan ini telah menugaskan Abbas dan Komite Eksekutif PLO untuk menindaklanjuti keputusan terbaru. Dewan ini juga secara terbuka mengecam prakarsa Deal of The Century yang diprakarsa Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk meredakan konflik Palestina-Israel.

Lebih lanjut dewan ini mengecam Hamas dan menudingnya gagal memenuhi komitmen dan perjanjian persatuan yang ditandatangani pada Oktober tahun lalu.

Abbas tampaknya mendukung keputusan dewan tersebut dan mengatakan waktunya telah tiba untuk melakukan tindakan-tindakan yang sebelumnya disetujui oleh Dewan Pusat. (mm/wafa)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*