Ramallah, LiputanIslam.com –   Sekretaris Jenderal Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), Saeb Erekat, mengutuk keras aksi rezim Zionis Israel belakangan ini membongkar rumah-rumah warga Palestina di kota Quds (Baitul Maqdis/Yerussalem) Timur.

Saeb Erekat, Selasa (23/7/2019), menyebut aksi itu sebagai kejahatan perang, dan menyerukan kepada masyarakat internasional agar mendorong Mahkamah Pidana Internasional (ICC) ) segera menyelidiki kejahatan ini.

Dia meminta Komisaris Tinggi untuk Hak Asasi Manusia, Michelle Bachelet, agar mengimplementasikan mandatnya di bawah resolusi Dewan Hak Asasi Manusia 31/36, yang menuntut database semua perusahaan bisnis yang terlibat dalam aktivitas permukiman Israel di wilayah Palestina pedudukan, dan mengupayakan perlindungan internasional bagi warga Palestina yang hidup di bawah pendudukan Israel.

Baca: Israel Mulai Proyek Penghancuran Rumah Palestina di Yerussalem

Erekat juga mengecam tindakan-tindakan yang dilakukan oleh otoritas Israel untuk mengusir warga Palestina dari Quds, termasuk perampasan tanah, penyitaan kartu identitas, pencabutan status kependudukan, dan penolakan reunifikasi keluarga.

“Pasukan pendudukan Israel, dengan dukungan Mahkamah Agung Israel, telah memerintahkan pembongkaran bangunan-bangunan ini dengan dalih keamanan, tetapi pembongkaran di Sur Baher adalah contoh lain dari kebijakan dan praktik ilegal Israel yang bertujuan menghilangkan keberadaan orang Palestina di  Quds dan mempertahankan keberadaan pendudukan Israel, ”paparnya.

Baca: Netanyahu Sebut Israel Pencegah Jatuhnya Timteng ke Tangan “Ekstremis Syiah dan Sunni”

Menurut Erekat, masyarakat internasional bukan saja gagal menghentikan pembongkaran dan pemindahan paksa di Sur Baher, melainkan juga gagal meminta pertanggungjawaban Israel atas pelanggaran hukum internasional yang terus dilakukan oleh rezim Zionis itu.

Sehari sebelumnya ratusan tentara Israel mengerahkan buldoser dan merobohkan rumah-rumah di Sur Baher meskipun mendapat kecaman lokal dan internasional. (mm/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*