palestina ahmad majdalaniRamallah, LiputanIslam.com – Anggota Organisasi Pembebasan Palestina (Palestine Liberation Organization /PLO), Ahmed Majdalani, menyampaikan ucapan selamat atas tercapai kesepakatan Teheran dengan negara-negara terkemuka dunia mengenai program nuklir Iran. Dia menilai tak ada pihak yang dirugikan oleh kesepakatan ini kecuali Israel.

“Situasi di kawasan akan berubah, dan kesepakatan ini tidak berarti hanya terbatas pada persoalan nuklir Iran,” katanya kepada radio lokal al-Rayah, sebagaimana dikutip Fars News, Rabu (15/7).

Dia menambahkan, “Hanya Israel saja yang dirugikan oleh kesepakatan nuklir Iran dengan P5+1.”

Menurutnya, kecaman dan penentangan Tel Aviv terhadap kesepakatan ini tidak akan mempengaruhi sikap Amerika Serikat, apalagi Washington memandangnya sebagai prestasi besar.

Majdalani juga mengatakan bahwa setelah beberapa pihak di kawasan tidak lagi bersikukuh dengan dalih “bahaya Iran” maka masalah Palestina akan kembali mengemuka sebagai prioritas pertama.

Seperti diketahui, perundingan nuklir Iran dengan lima negara anggota tetap Dewan Keamanan PBB (Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Rusia, dan Cina) plus Jerman yang tergabung dalam kelompok P5+1 di Wina, Austria, Selasa (14/7) menghasilkan kesepakatan final untuk mengatasi kecurigaan Barat terhadap program nuklir Iran. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL