palestina hamas-PLORamallah, LiputanIslam.com – Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) akhirnya resmi mendukung syarat-syarat yang diajukan Gerakan Perlawanan Islam (Hamas) untuk gencatan senjata dengan Israel.

Mengutip laporan Reuters, kantor berita Iran, IRNA, melaporkan bahwa PLO pimpinan Mahmoud Abbas dalam statemennya yang dirilis Rabu (23/7) menegaskan, “Syarat-syarat dari pihak Gaza yang mengharuskan Israel menghentikan agresinya dan menuntaskan blokadenya terhadap Gaza merupakan aspirasi seluruh bangsa Palestina dan merupakan suatu tujuan yang akan terus diperjuangkan dengan segenap kemampuan oleh para pemimpin Palestina.”

Sejauh ini gencatan senjata para pejuang Palestina dengan militer Israel terus diupayakan Mesir dengan dukungan Amerika Serikat dan Israel. Kairo menyerukan kepada segenap pihak untuk merundingkan segala syarat yang diperlukan untuk memulihkan keamanan dan ketentraman untuk jangka panjang.

Hamas dan faksi-faksi pejuang Palestina di Gaza menolak prakarsa Mesir dan menuntut jaminan diakhirnya blokade Israel terhadap Jalur Gaza. Selain itu, Hamas juga mensyaratkan pembebasan para tahanan Palestina oleh Israel. Upaya Mesir itu membentur jalan buntu akibat minimnya rasa saling percaya antara Hamas dan pemerintahan Presiden Abdel Fattah al-Sisi di Mesir.

Petinggi PLO Yasser Abed Rabbo dalam menyatakan dukungannya kepada syarat-syarat yang diajukan Hamas mengatakan, “Kami percaya bahwa selagi bangsa Palestina berada di sisi Gaza dan mendukungnya dengan segala cara yang memungkinkan maka Gaza tidak akan kalah. Pihak agresor pada akhirnya akan melihat betapa bangsa kita yang besar di dalam dan di luar negeri tidak akan membiarkan Gaza sendirian.”

Presiden Palestina Mahmoud Abbas Selasa (22/7) juga menggagas beberapa syarat tertentu untuk mengakhiri konflik di Gaza, tetapi belum mendapat tanggapan dari Hamas maupun Israel. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL