ملايين الزائرين يتدفقون على كربلاء المقدسة بذكرى الاربعينBaghdad, LiputanIslam.com – Jutaan orang dilaporkan sedang mengalir menujukota Karbala, Irak, untuk memperingati “Arbain Husaini” (peringatan 40 hari kesyahidan cucunda Nabi saw, Imam Husain ra).

Alalam Selasa (1/12) menyebutkan di jalan Ya Husain yang menghubungkan kota Najaf dengan kota Karbala terlihat ratusan ribu peziarah yang datang dari Irak sendiri dan dari luar negeri, sementara penduduk Baghdad, ibu kota Irak, mulai mengadakan gerakan jalan kaki untuk jangka waktu satu hari agar mencapai Karbala, tempat Imam Husain ra dimakamkan.

Bersamaan dengan ini di sepanjang jalan juga sudah tersebar kelompok-kelompok petugas pelayanan yang berasal dari beberapa negara.

Otoritas Irak menyatakan bahwa ratusan ribu peziarah dari 60 negara sudah masuk ke Irak untuk mengikuti acara Arbain Husaini.

Kementerian Dalam Negeri Irak mengerahkan 35000 personil keamanan untuk menjaga keamanan para peziarah. Selain itu juga telah dikerahkan sebanyak lebih dari 7000 kelompok petugas kesehatan dan penyedia makanan.

Sementara itu, sebagaimana dilaporkan berbagai media Irak yang dikutip IRNA, sedikitnya 10 upaya serangan terhadap rombongan-rombongan peziarah berhasil digagalkan di berbagai wilayah selatan dan utara Baghdad sejak Sabtu hingga Senin (28-30/11).

Komando Operasi Baghdad Senin lalu menyatakan sebanyak lima teroris yang mengenakan bom sabuk/rompi tewas di tangan petugas di berbagai kawasan Baghdad sebelum sempat melakukan serangan teror terhadap para peziarah.

Sedangkan Selasa kemarin Badan Kontra-Terorisme Irak menyatakan bahwa dalam sebuah operasi antisipasi keamanan pihaknya berhasil meringkus sekawanan teroris di kawasan Iskandariya di utara provinsi Babil. Dari tangan mereka telah disita banyak bahan peledak.
Menurut badan ini, kawanan itu tertangkap ketika hendak menebar bom di jalur pergerakan para peziarah.

Masih di kawasan utara Babil, seorang pria bersenjata juga berhasil diringkus karena juga diketahui berencana memasang bom di jalur yang dilewati peziarah.

Di provinsi Wasit, kepala kepolisian setempat, Jenderal Qassim Rashid Zuwaid, kemarin menyatakan satu orang terduga teroris yang sangat berbahaya berhasil dibekuk. Tanpa menyebutkan nama dia mengatakan pria itu diringkus di kawasan al-Suwairah di utara Wasit. Dari tengannya berhasil di sita sejumlah besar amunisi, bom dan granat.

Di sebuah kawasan dekat kilang minyak al-Daurah yang juga menjadi jalur peziarah juga telah ditemukan sebuah bom rompi yang kemudian dijinakkan oleh pasukan keamanan.

Ahad lalu, seorang pria yang diketahui bermaksud menyerang peziarah tewas di tangan pasukan keamanan Irak di kawasan Mahmudiyah di selatan Baghdad.

Gelombang peziarah makam Imam Husain ra di Karbala selalu menjadi incaran para teroris. Meski demikian, jumlah peziarah terus membengkak dari tahun ke tahun, apalagi dalam beberapa tahun terakhir ini tidak terjadi insiden-insiden serangan secara signifikan akibat ketatnya sistem pengamanan.

Menurut IRNA, di Baghdad Selasa kemarin terjadi sedikitnya dua serangan teror yang menyebabkan beberapa orang tewas dan luka, namun terjadi bukan di jalur yang dilintasi rombongan-rombongan peziarah. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL