serangan malam jet saudiSanaa, LiputanIslam.com –   Sebuah pesta pernikahan di Yaman tiba-tiba berubah menjadi tragedi yang mengerikan akibat serangan udara secara membabi buta pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi. Bersamaan dengan ini dilaporkan pula bahwa satu petinggi militer Uni Emirat Arab (UEA) tewas dalam pertempuran di provinsi Marib.

Al-Mayadeen melaporkan sedikitnya 75 orang yang hadir dalam pesta pernikahan di desa al-Mikha, provinsi Taiz, Yaman, bergelimpangan tanpa nyawa dan puluhan lainnya luka-luka bersimbah darah setelah lokasi pernikahan warga setempat dihujani bom oleh jet tempur pasukan koalisi, Senin kemarin (28/9).

Selain lokasi itu, beberapa rumah di kawasan al-Salal dan Dhabab di selatan kota Taiz juga dijatuhi bom hingga menjatuhkan sedikitnya 45 korban tewas dan luka.

“Serangan ini juga menyebabkan banyak kerusakan pada rumah-rumah penduduk. Jet-jet tempur masih terus melancarkan serangan udara ke daerah-daerah permukiman dan menggempur sarana-sarana infrastuktur provinsi Taiz,” kata seorang pejabat setempat.

Serangan brutal itu dilakukan setelah pasukan perlawanan yang terdiri atas militer Yaman dan komite-komite rakyat negara ini berhasil membebaskan banyak bagian kota Taiz dari pendudukan pasukan teroris al-Qaeda dan milisi loyalis presiden pelarian Yaman Abd Rabbuh Mansour Hadi.

Pasukan perlawanan itu bergerak maju secara masif dan pesat di front barat provinsi Taiz. Mereka berhasil mendesak mundur kawanan teroris al-Qaeda dan milisi pro-Saudi. Puluhan teroris dan “pasukan bayaran Saudi” tewas dan luka-luka sementara beberapa lainnya tertawan dalam pertempuran antara kedua pihak.

Tak hanya Taiz, beberapa kota dan daerah lain Yaman, yaitu Sa’dah, Imran dan Marib juga kehujanan bom pasukan koalisi yang bermaksud membalas serangan telak pasukan Yaman terhadap tentara Saudi di wilayah Saudi. Sedangkan dari Sanaa dilaporkan bahwa pasukan perlawanan Yaman terlibat perlawanan terhadap 25 bkali serangan udara Saudi.

Kantor berita resmi Yaman, Saba, melaporkan bahwa jet-tet tempur Saudi Senin malam melancarkan lebih dari 30 kali serangan di berbagai wilayah Marib dengan menggunakan senjata terlarang yang mengandung uranium yang sudah diperlemah.  Senjata itu menimbulkan ledakan-ledakan kuat.

Petinggi Militer UEA Tewas

Satu petinggi militer UEA dikabarkan tewas dalam pertempuran yang terjadi Senin kemarin di provinsi Marib. Beberapa sumbar menyatakan kepada lembaga pemberitaan al-Marsd bahwa pasukan militer dan tentara rakyat Yaman berhasil membendung gerak maju pasukan asing dalam pertempuran yang menewaskan seorang perwira militer UEA dan menghancurkan banyak peralatan tempur, termasuk tank, pasukan UEA. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL