iraq; peshmerga;ISISKirkuk, LiputanIslam.com – Gubernur Kirkuk, Irak, Najmuddin Karim Senin (2/2/2015) menyatakan sebanyak 300 petempur organisasi teroris Negara Islam Irak dan Suriah tewas di tangan Peshmerga ketika pasukan Kurdistan Irak ini melawan serangan ISIS.

Dia mengatakan bahwa serangan udara berperan besar dalam kegagalan serangan ISIS terhadap provinsi Kirkuk.

“Pasukan Kurdi berhasil membersihkan banyak pangkalan serta beberapa desa dan instalasi minyak Khabaz dari keberadaan para teroris. Mereka juga berhasil membebaskan 24 karyawan Khabaz yang sebelumnya diculik oleh kawanan ISIS,” katanya, sebagaimana dilansir al-Sumaria News.

Dia menambahkan, “Pasukan Peshmerga berhasil membebaskan beberapa kawasan dari kendali ISIS dan menewaskan 300 orang di antara mereka.”

Jumat lalu  (30/1/2015) ISIS mulai melancarkan seranggan besar-besar dari tiga arah ke provinsi Kirkuk dan sempat menguasai lapangan minyak Khabaz hingga terjadi pertempuran sengit antara pasukan Irak dan ISIS hingga menyebabkan beberapa teroris tewas dan puluhan lainnya luka-luka.

Najah Hossein, anggota Dewan Provinsi Kirkuk mengatakan bahwa relawan dari kawasan Amirli dan Tuz Khurmato di provinsi Salahuddin juga berdatangan ke Kirkuk.

“Relawan yang terdiri atas warga Syiah Turkmen itu berdatangan ke Kirkuk untuk membantu pasukan Peshmerga melawan ISIS,” katanya.

Dia menambahkan bahwa sejauh ini jumlah relawan masih sekitar 100 orang, namun rencananya akan terus berdatangan hingga mencapai ribuan.

“Mereka datang ke Kirkuk dengan kordinasi dan kerjasama pasukan Peshmerga, dan semua menjalankan tugas di bawah pengawasan pemerintah daerah Kirkuk,” jelasnya. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL