anggota-isisKirkuk, LiputanIslam.com – Sumber-sumber keamanan resmi di Irak, Jumat (5/8/2016), menyatakan kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) telah mengeksekusi sejumlah penduduk distrik Huwaijah di dekat kota Kirkuk, 240 km utara Baghdad, saat penduduk berusaha kabur dari distrik yang masih dikuasai ISIS tersebut.

Sebagaimana dilaporkan  AFP, dalam beberapa hari terakhir ini ratusan penduduk Huwaijah berusaha kabur bersamaan dengan terjadinya operasi militer pasukan Irak untuk merebut kembali distrik itu dan kawasan sekitarnya di sepanjang sisi Sungai Tigris (Dajlah) dengan tujuan bergerak maju menuju Mosul, ibu kota provinsi Nineveh, yang menjadi markas ISIS di Irak sejak 2014.

Seorang perwira militer pasukan Kurdi Peshmerga berpangkat kolonel mengatakan, “Dini hari kemarin pasukan  kami telah menerima kedatangan 600 orang dan telah memberikan bantuan kepada mereka.”

Dia menambahkan, “Kami mendapatkan informasi dari para keluarga bahwa ISIS telah menawan ratusan orang dan mengeksekusi para pemuda yang dituduh kabur dari ‘tanah jihad menuju tanah kufur. ’”

Anwar al-Ashi, seorang pemimpin suku setempat mengatakan, “Kami sedang berhadapan dengan tragedi pembantaian yang akan terjadi dalam waktu dekat ini, pemerintah harus segera bertindak untuk menyelamatkan warga yang terkepung.”

Dia memperkirakan penduduk Huwaijah yang masih terkepung berjumlah sekitar 100,000 ribu jiwa.

Berbagai kawasan yang berbatasan dengan provinsi Nineveh menjadi sasaran operasi militer pasukan Irak setelah mereka berhasil merebut kembali sebagian besar kawasan provinsi Anbar di Irak barat dari tangan kawanan teroris ISIS.

Mosul adalah kota kedua terbesar di Irak yang berjarak 370 km dari Baghdad, dan merupakan kota terakhir yang masih dikuasai ISIS.

Pasukan Peshmerga sejak beberapa bulan lalu telah mengepung distrik Huwaijah, tapi hingga kini belum dimulai serangan total untuk merebut kawasan ini. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL