tank peshmerga irakArbil, LiputanIslam.com – Pasukan Kurdistan Irak, Peshmergha, berhasil merebut sembilam desa di kawasan Sanun, provinsi Ninawa di bagian utara Irak dari tangan kelompok teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

“ISIS tak dapat bertahan di depan gerak maju pasukan Peshmerga yang didukung serangan udara pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat,” ujar Rashed Haji Ali, komandan Peshmerga front Zamar kepada kantor berita Turki, Anatolia, Rabu (18/12).

Dia menambahkan bahwa ISIS dalam peristiwa ini menderita banyak kerugian akibat gempuran pasukan Peshmerga sehingga terpaksa mundur.

Menurutnya, Peshmerga menggelar operasi serangan anti ISIS melalui tiga arah hingga kemudian berhasil menguasai jalan utama di kawasan antara Sinjar, Sanun dan distrik Tel Afar.

Sementara iu, pemerintah Jerman memutuskan akan segera mengirim 100 tentaranya ke Kurdistan Irak untuk melatih pasukan Peshmerga.

Menteri Luar Negeri Jerman Frank-Walter Steinmeier dalam konferensi pers bersama Menteri Pertahanan Ursula Gertrud von der Leyen usai rapat kabinet mengatakan bahwa misi pasukan Jerman yang akan dikirim ke Irak itu bukan berperang, melainkan sebatas melatih pasukan yang berperang melawan ISIS.

Hal yang sama juga dikatakan Leyen dengan menyebutkan bahwa 100 personil militer Jerman itu terbagi menjadi beberapa kelompok yang meliputi bagian-bagian pelatihan dasar, layanan kesehatan, penjinakan ranjau, keterampilan administrasi dan persoalan taktis. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL