epaselect YEMEN SAUDI ARABIA WEAPONS SUPPLYAden, LiputanIslam.com – Pesawat-pesawat militer Arab Saudi dan sekutunya telah menjatuhkan senjata dan amunisi untuk pasukan pendukung presiden pelarian Yaman, Abd Rabbuh Mansur Hadi, untuk melawan milisi Ansarullah (al-Houthi) dan aliansinya yang telah merebut sebagian besar kota Aden di bagian selatan negara ini.
Reuters dari Aden melaporkan bahwa pesawat-pesawat itu telah menerjunkan paket-paket berisi senjata dan amunisi di kawasan al-Tawahi yang hingga kini masih dikuasai oleh pasukan pro-Hadi.

Para loyalis Hadi mengatakan bahwa paket-paket itu berisikan senjata-senjata ringan, peralatan komunikasi dan granat.
Koran Yaman al-Ghad yang pro-Hadi memperlihatkan foto sebuah paket yang masih terikat pada parasut yang diterjunkan pesawat Saudi cs di Aden.

Beberapa warga setempat mengatakan bahwa pasukan pro-Hadi telah mengangkuti paket-paket itu dengan truk dan mobil-mobil bak terbuka.

Di pihak lain, menurut keterangan penduduk dan pejabat setempat kota Aden, pasukan Ansarullah yang Kamis lalu (2/4/2015) berhasil menguasai Istana Kepresidenan al-Maasheeq akhirnya mundur meninggalkan komplek villa di puncak sebuah bukit di sisi pantai selatan kota Aden tersebut akibat gencarnya gempuran pasukan udara Saudi dan sekutunya.

Sementara itu, para komandan negara-negara Arab peserta operasi serangan udara ke Yaman bersandi “Badai Mematikan” Jumat sore (3/4/2015) mengadakan pertemuan di Riyadh, ibu kota Saudi, untuk mendiskusikan operasi penumpasan kubu Ansarullah.

Saudi dan sekutunya mulai menggempur Yaman pada 26 Maret lalu. Menurut laporan PBB, sejak itu telah jatuh korban tewas lebih dari 500 orang, termasuk perempuan dan anak kecil, dan korban luka 1.700 orang. Selain itu, sebanyak 10,000 orang mengungsi. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL