egyptair mesirKairo, LiputanIslam.com – Sumber-sumber otoritas penerbangan bandara internasional Kairo, Mesir, menyatakan bahwa pesawat penumpang Mesir Kamis pekan lalu telah bertolak dari bandara Kairo menuju bandara internasional Damaskus, Suriah.

Asharq al-Awsat Minggu (6/12) menyebutkan bahwa hal itu merupakan penerbangan pertama pesawat penumpang Mesir menuju Suriah sejak tahun 2012 dan terputusnya hubungan kedua negara menyusul krisis Suriah.

Penerbangan itu dilakukan oleh pesawat Boeing 727 milik maskapai penerbangan Alexandria yang merupakan perusahaan swasta Mesir, dengan 17 awak dan berhasil mendarat di bandara Damaskus.

Rencananya, maskapai ini akan mempelajari dan memulai kerjasama lagi dengan Suriah di bidang transportasi udara yang terhenti sejak 2012.

Perusahaan-perusaan penerbangan Mesir menghentikan penerbangannya ke Suriah sejak Suriah dilanda perang saudara yang kemudian disusul dengan merebaknya fenomena terorisme.

Sabtu pekan lalu Menteri Perumahaan dan Pembangunan Perkotaan Suriah Mohammad Walid Ghazal juga mendatangi Kairo dan ini juga menjadi kunjungan pertama pejabat tinggi Suriah selama tiga tahun terakhir di mana keanggotaan Suriah dalam Liga Arab juga dibekukan.
Dilaporkan pula bahwa para pejabat senior kedua negara sedang melakukan koordinasi untuk berbagai pertemuan bilateral, dan perwakilan badan keamanan kedua juga sudah beberapa kali mengadakan pertemuan. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL