jet saudi tertembak di yamanDubai, LiputanIslam.com –  Petinggi milisi al-Houthi Minggu (24/5) menyatakan satu jet tempur F-16 milik Saudi tertembak jatuh di utara Sanaa, ibu kota Yaman. Demikian dilaporkan Rai al-Youm dari Dubai, Uni Emirat Arab, sembari menyebutkan bahwa sejauh ini masih simpang siur keterangan mengenai jenis tempur Saudi yang tertembak jatuh.

Kementerian Pertahanan dan Kementerian Dalam Negeri Yaman menyatakan kepada CNN bahwa jet tempur Saudi yang tertembak jatuh adalah dari jenis F-15 Eagle, bukan F-16 seperti dinyatakan sebelumnya. Di pihak lain, militer Saudi belum bersedia memberikan keterangan mengenai klaim pihak Yaman tersebut.

Sebuah sumber militer menyebutkan bahwa sejauh ini masih dilakukan upaya pencarian pesawat tempur yang ditembak jatuh oleh milisi al-Houthi di distrik Bani Hyran di wilayah administrasi Bani Harith di utara Sanaa itu. Sumber itu menambahkan bahwa beberapa jet tempur Saudi terlihat mengudara di angkasa kawasan tersebut untuk mencari jet tempur yang jatuh.

Rekaman video yang diklaim sebagai gambar jet tempur yang tertembak itu beredar di beberapa media sosial, namun CNN menyatakan tidak dapat memastikan keaslian video tersebut.

Kantor berita Yaman, Saba, menyebutkan bahwa pilot jet tempur itu berhasil menyelamatkan diri dengan mengaktirkan kursi lontar, namun dia kemudian diringkus oleh komite rakyat yang terafiliasi dengan al-Houthi.

Jet tempur itu tertembak jatuh ketika ikut serta dalam operasi serangan udara Saudi terhadap berbagai kawasan di Yaman, termasuk Sanaa dan Saadah, hingga menjatuhkan belasan korban tewas yang sebagian besar adalah warga sipil, termasuk gadis kecil berusia 10 tahun, dan puluhan korban luka. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL