Hezbollah missileTelAviv, LiputanIslam.com – Seorang petinggi angkatan laut Israel menilai milisi Hizbullah yang berbasis di Lebanon Selatan berpotensi memblokir perairan Israel. Sebagaimana dilaporkan Rai al-Youm dan dikutip IRNA, Senin (16/2/2015) perwira tinggi Israel yang meminta namanya tidak disebutkan itu mengatakan, “Angkatan laut Israel kuatir terhadap ancaman rudal di perairan regional.”

Dia menambahkan, “Hizbullah bisa menggunakan rudal-rudalnya untuk memblokir laut Israel. Ini sangat berbahaya karena 99 persen komoditas impor Israel dipasok melalui laut, namun kami sampai sekarang belum menyadari bahaya ini.”

Dia menjelaskan bahwa berdasarkan evaluasi badan-badan keamanan, di masa mendatang Hizbullah berpotensi menyerang kapal-kapal Israel melalui kawasan pantai Lebanon dengan rudal-rudal berjarak tempuh 30 mil (sekitar 48 km). Dalam hal ini kapal-kapal sipil akan menjadi sasaran yang lebih mudah, dan dengan demikian Hizbullah akan dapat menghalau kapal-kapal dari semua wilayah pantai Israel.

Menurutnya, hal tersebut akan berdampak fatal bagi ekonomi dan keamanan nasional Israel, karena itu Israel mau tidak mau harus mengantisipasi masalah ini. Selama ini, badan-badan keamanan Israel diresahkan oleh keberhasilan Hizbullah menguasai rudal-rudal canggih yang dinilai dapat mengubah perimbangan kekuatan di kawasan.

Lebih jauh perwira tinggi Israel itu juga mengaku risau terhadap Suriah.

“Hal yang menimbulkan kerisauan besar di Israel ialah pengakuan bahwa Suriah telah menguasai rudal supersonik Yakhont sehingga menjadi ancaman terbesar bagi armada laut Barat. Apalagi angkatan laut Israel tidak mungkin lupa kapal perangnya yang ada di hadapan pantai Lebanon pernah dihantam rudal C-802 buatan Iran yang ditembakkan oleh Hizbyllah pada tahun 2006,” katanya.

Perwira itu lantas mengingatkan bahwa di luar itu semua, rudal-rudal Hizbullah sekarang juga sudah mampu menjamah ladang-ladang minyak dan Teluk Haifa yang sarat pabrik kimia. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL