tawanan yaman-saudiRiyadh, LiputanIslam.com – Pasukan koalisi Arab pimpinan Arab Saudi menyatakan telah terjadi pertukaran tawanan antara Saudi dan Yaman dengan jumlah yang sangat timpang antara kedua pihak, yaitu 9 tawanan Saudi ditukar dengan 109 tawanan Yaman.

Pertukaran tawanan yang dilakukan pada Minggu (27/3) dan diumumkan Senin (28/3) itu disebutkan sebagai satu langkah terbaru dalam rangka menciptakan situasi yang kondusif untuk memulai lagi perundingan damai antarpihak Yaman pada April mendatang.

Menurut Rai al-Youm, pertukaran ini merupakan yang kedua kalinya sejak diterapkan gencatan senjata di wilayah perbatasan Saudi-Yaman antara pasukan Saudi dan pasukan Ansarullah (Houthi) yang didukung tentara Yaman loyalis mantan presiden Ali Abdullah Saleh.

Saudi dan sembilan negara Arab sekutunya menggempur Yaman dengan dukungan Amerika Serikat sejak Maret 2015 sampai sekarang.

Saudi bersumpah untuk menumpas Ansarullah demi memulihkan pemerintahan presiden tersingkir Mansour Hadi, namun sumpah itu tak terpenuhi hingga akhirnya Saudi melakukan kompromi-kompromi tertentu dengan Ansarullah.

Serangan Saudi dan sekutunya ke Yaman telah menjatuhkan ribuan korban jiwa dan luka yang sebagian besar adalah warga sipil, termasuk perempuan dan anak kecil, serta menghancurkan sekitar 80 persen fasilitas infrastruktur Yaman. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL