rouhani -karzaiKabul, LiputanIslam.com – Pertemuan segi empat Iran, Pakistan, Afghanistan dan Tajikistan di Kabul, Afghanistan, Kamis (27/03) diwarnai pembicaraan seputar perang melawan radikalisme, ekstrimisme dan terorisme.

Presiden Iran Hassan Rouhani  yang sedang prihatin atas peristiwa penculikan lima tentara perbatasan Iran oleh kelompok ekstrimis yang berbasis di Pakistan kembali mengingatkan bahaya terorisme dan menekankan urgensi kerjasama empat negara untuk menjaga keamanan dan memerangi terorisme.

Menurut laporan IRNA, Presiden Rouhani mengatakan, “Kita berada dalam situasi di mana kita semua sangat prihatin terhadap ekstrimisme dan kekerasan. Terorisme kini ibarat bakteri yang menjalar ke berbagai kawasan sehingga mengentengkan pemberantasan terorisme atau menutup mata terhadap bantuan dana dan senjata pihak-pihak lain kepada kelompok-kelompok teroris tentu akan menyebabkan eskalasi fenomena ini di kawasan, dan hubungan antarnegarapun akan terbelit berbagai persoalan yang tak terduga sebelumnya.”

Presiden Iran mengusulkan pembuatan rancangan dan konsep yang komprehensif dalam strategi perang melawan radikalisme dan kekerasan, termasuk melalui pencegahan seketat mungkin aliran dana dan persenjataan kepada kelompok-kelompok ekstrimis di kawasan.

Di pihak lain, Presiden Pakistan Mamnoon Hussain juga turut mengaku prihatian kesimpang siuran berita seputar nasib para sandera Iran. Dia memastikan negaranya akan berupaya semaksimal mungkin untuk mengatasi masalah ini. “Pakistan mengutuk aksi penyanderaan ini. Para teroris sengaja melakukan tindakan ini dengan tujuan mengusik hubungan kedua negara,” ujarnya.

Menurut Presiden Pakistan, para pelaku aksi penyanderaan adalah musuh bersama bagi Pakistan dan Iran. Dia menuturkan, “Kami ingin wilayah perbatasan kami aman dan tentram, dan jika kami mendapatkan informasi terkait para sandera Iran maka kami akan segera bertindak untuk membebaskan mereka.”

Kutukan terhadap terorisme juga dikemukakan oleh Presiden Afghanistan, Hamid Karzai. Dia menyebut fenomena ekstrimisme dan terorisme sebagai problema krusial dan mendasar bagi negara-negara kawasan. “Kita harus berjuang untuk mengatasi problema ini,” ujar Karzai.

Empat pemimpin negara Iran, Pakistan, Afghanistan dan Tajikistan Kamis (27/4) mengadakan pertemuan di Kabul, Afghanistan, dalam rangka menyambut tahun baru Nouruz yang dirayakan oleh keempat negara. Selain membicarakan masalah terorisme, para peserta pertemuan juga mendiskusikan berbagai kemungkinan untuk perluasan hubungan segiempat di bidang diplomatik, ekonomi dan kebudayaan. (mm/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL