Lausanne, LiputanIslam.com –  Pertemuan multilateral mengenai Suriah yang melibatkan Rusia dan Amerika Serikat (AS) serta beberapa negara regional Timteng di Lausanne, Swiss, berakhir tanpa hasil signifikan, Sabtu (15/10/2016).

Menlu Rusia Sergey Lavrov hanya mengatakan, “Kami telah sepakat untuk melanjutkan komunikasi dalam beberapa hari mendatang… Kami nyatakan secara gamblang bahwa aktivitas politik harus dimulai secepatnya.”

Pertemuan yang ditujukan untuk mengupayakan kembali gencatan senjata di Suriah itu berlangsung selama empat jam, dan setelah itu sebagian besar menlu negara-negara peserta segera meninggalkan hotel tempat perundingan itu diselenggarakan tanpa memberikan statemen apapun.

Hadir dalam pertemuan itu para menlu dari AS, Rusia, Iran, Arab Saudi, Turki, Mesir, Irak, dan Yordania, serta utusan PBB untuk Suriah.  Pertemuan ini didahului dengan pertemuan bilateral Menlu Rusia Sergey Lavrov dan Menlu AS John Kerry yang menjadi pertemuan pertama keduanya selama tiga pekan terakhir sejak gencatan senjata di Suriah yang sempat berjalan kurang dari satu minggu berakhir.

Usai pertemuan ini, Lavrov rencananya akan bertolak ke London untuk menghadiri pertemuan para menlu Eropa yang tidak mengundang Iran.

Mengenai pertemuan di Lausanne, Kerry mengatakan bahwa Washington dan Moskow serta negara-negara yang terlibat dalam konflik Rusia telah mendiskusikan “ide-ide baru” untuk menghidupkan mekanisme pemberlakuan gencatan senjata di Suriah.  Dia juga mengatakan bahwa semua pihak sepakat untuk melanjutkan upaya tersebut, dan bahwa “perselisihan sebenarnya terfokus pada cara pencapaian” tujuan tersebut.

“Ada banyak ide yang perlu didalami secepatnya dengan harapan dapat andil dalam penyelesaian problematika yang telah menghentikan penerapan gencatan senjata sebelumnya,” ujarnya.

Dia menambahkan, “Saya tidak dapat memberikan rincian ide-ide itu, saya tidak dapat melakukannya secara terbuka, saya tidak ingin membukakan (peluang) untuk spekulasi.” (mm/raialyoum/afp)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL