militan suriahBeirut, LiputanIslam.com – Sedikitnya 42 orang tewas dalam pertempuran sengit antar sesama militan bersenjata di kawasan Qalamoun, provinsi Damaskus, Suriah. Demikian dinyatakan lembaga Pemantau HAM Suriah (SOHR), Rabu (22/4), sebagaimana dilaporkan AFP dari Beirut.

SOHR menjelaskan, sedikitnya 30 militan oposisi Suriah dan 12 anggota kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) tewas dalam pertempuran yang dimulai sejak Selasa (21/4).

Kawasan Qalamoun terbagi menjadi dua bagian, yaitu bagian barat yang berbatasan dengan Lebanon dan sebagian besar dikuasai oleh pemerintah Suriah, dan bagian timur yang sebagian besar dikuasai kelompok-kelompok pemberontak dan teroris, dan di bagian inilah pertempuran antarmilitan itu terjadi.

Qalamoun merupakan kawasan strategis karena berbatasan dengan kawasan al-Badiyah yang beberapa kawasan gurunnya menjadi jalur suplai senjata para pemberontak Suriah dari perbatasan Turki di utara dan perbatasan Yordania di selatan.

SOHR menyatakan bahwa ISIS telah memblokir salah satu jalur itu untuk mencegah pergerakan kelompok-kelompok bersenjata lain. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL