SYRIA-CONFLICTAbu Kamal, LiputanIslam.com – Hampir 90 orang tewas dalam pertempuran terbaru antarsesama gerilyawan di Suriah. Sumber-sumber oposisi Jumat (11/4/2014) menyatakan bahwa pertempuran itu melibatkan Front al-Nusra yang berafiliasi dengan al-Qaeda melawan kelompok rivalnya, Negara Islam Irak dan Suriah (ISIL) di kota Abu Kamal, provinsi Deir al-Zour yang kaya minyak dan berbatasan dengan Irak. Sebagian besar korban tewas berasal dari kelompok Front al-Nusra, yakni sekitar 60 orang.

Kamis lalu ekstrimis ISIL berhasil merebut sebagian wilayah Abu Kamal, tapi mereka masih mendapatkan tekanan serangan dari milisi Front al-Nusra. Disebutkan bahwa milisi ISIL yang mundur ke daerah sekitar akibat tekanan tersebut telah mengeksekusi tujuh anggota Front al-Nusra.

Konflik antara dua kelompok  itu berkobar sejak Januari lalu dan telah menelan korban jiwa sebanyak ribuan orang. Maret lalu komandan pasukan ISIL Omar Farouqh al-Turki tewas dalam kontak senjata dengan milisi al-Nusra di provinsi Hasakah di wilayah timur laut Suriah.

Februari lalu, kelompok peduli hak asasi manusia Suriah mengumukan bahwa konfrontasi antara sesama militan ekstrim di Suriah sejak Januari lalu telah menjatuhkan korban tewas kurang lebih 3,300 orang. Disebutkan pula bahwa dalam baku tembak yang terjadi pada bulan Januari saja korban tewas mencapai lebih dari 1,000 orang.

Suriah dilanda gejolak aksi pemberontakan oleh kaum ekstrimis sejak Maret 2011. Sejumlah negara Barat dan sekutu mereka di Timur Tengah, terutama Qatar, Arab Saudi dan Turki, men yatakan mendukung para militan pemberontak.

Beberapa laporan menyebutkan bahwa sejauh ini jumlah korban tewas akibat perang di Suriah sudah mencapai lebih dari 150,000 orang, sedangkan warga yang terpaksa mengungsi akibat perang dan aksi kekerasan mencapai jutaan orang. (mm/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL