Sanaa, LiputanIslam.com – Pasukan gabungan Yaman berhasil mematahkan serangan besar-besaran pasukan pro-Arab Saudi di kawasan pantai barat Yaman. Al-Alalam melaporkan bahwa ratusan “pasukan bayaran dan pasukan agresor” (pasukan loyalis presiden tersingkir Yaman Abd Rabbuh Mansour Hadi dan pasukan koalisi Arab) tewas dan puluhan lainnya luka-luka yang beberapa di antaranya tertawan dalam pertempuran yang terjadi sejak dini hari Sabtu (26/5/2018)  tersebut. Selain itu, puluhan tentara Saudi dan pasukan bayarannya juga tewas dalam sejumlah operasi militer di kawasan Jizan di bagian selatan Saudi.

Mengutip keterangan sumber militer Yaman Al-Alalam menyebutkan bahwa pasukan gabungan Yaman berhasil menggagalkan serangan terbesar pasukan bayaran Saudi dan pasukan agresor di kawasan pantai barat Yaman. Menurut sumber ini, serangan tersebut sudah lama direncanakan oleh pasukan bayaran Saudi.

Dia memastikan bahwa sebanyak 120 pasukan bayaran dan pasukan agresor tewas, dan puluhan lainnya luka-luka yang sebagian di antaranya tertawan. Kondisi ini membuat beberapa rumah sakit di provinsi Aden yang diduduki oleh pasukan agresor pimpinan Saudi jadi penuh korban luka di pihak mereka yang diangkut dengan 10 unit bus.

Sumber itu menambahkan bahwa pasukan gabungan Yaman yang terdiri atas tentara dan Komite Rakyat yang berafiliasi dengan gerakan Ansarullah (Houthi) telah menghancurkan berbagai jenis peralatan militer pihak lawan dan merebut sejumlah peralatan perang yang mereka tinggalkan di medan pertempuran.

Dia juga menegaskan bahwa pertempuran di kawasan pantai barat akan menghasilkan kejutan-kejutan istimewa lain yang juga akan menjadi pelajaran bagi pihak agresor.

Al-Alam melaporkan bahwa di kawasan Jawf pasukan gabungan Yaman juga telah mematahkan dua serangan terhadap posisi-posisinya di distrik Harad yang terletak di kawasan perbatasan. Demikian pula halnya di Taiz di mana pasukan Yaman juga telah menghancurkan tiga mesin tempur lawan.

Sedangkan di Jizan, Saudi selatan, puluhan tentara Saudi, dan pasukan bayarannya tewas digempur pasukan gabungan Yaman.

Pasukan koalisi pimpinan Saudi melanjutkan serangan udaranya hingga menewaskan 13 warga sipil dan melukai 10 lainnya, beberapa di antara perempuan, di provinsi Hudaidah, Sa’dah, dan Taiz.

Pasukan koalisi menyatakan puluhan anggota Ansarullah juga terbunuh dalam pertempuran sengit tersebut.  (mm/alalam/rt)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*