Beirut, LiputanIslam.com –
 Apa yang dikuatirkan selama ini akhirnya terjadi, yaitu kontak senjata antara kubu pasukan Turki dan kubu pasukan pemerintah Suriah, Pasukan Arab Suriah (SAA), di kota al-Bab di bagian utara Suriah.

Sumber milisi opisisi Pasukan Kebebasan Arab Suriah (FSA), Kamis (9/2/2017), menyatakan telah terjadi kontak senjata pasukan Perisai Furat dukungan Turki melawan SAA untuk pertama kalinya di kota Al-Bab dekat perbatasan Suriah-Turki.

Sumber itu menyebutkan bahwa pasukan artileri Turki telah melepaskan tembakan ke arah SAA dekat kota Al-Bab yang diduduki kelompok teroris ISIS dan sedang diperebutkan oleh SAA dan Perisai Furat.

Tidak ada keterangan lebih lanjut tentang ini kecuali bahwa konfrontasi ini terjadi di front pertempuran Abu al-Zandain di barat al-Bab.

Saat itu FSA yang didukung Turki melancarkan serangan masif terhadap ISIS di al-Bab sehari setelah mereka dapat menghancurkan kubu-kubu pertahanan ISIS di sarang mereka yang tersisa di provinsi Aleppo.

Salah seorang komandan oposisi dari pasukan Perisai Furat mengaku pihaknya bersama para komandan Turki bergerak maju di kawasan dekat gerbang-gerbang kota sisi barat al-Bab yang mereka gempur Rabu lalu (8/2/2017).

Sejak 24 Agustus 2016 Turki memulai serangan darat untuk pertama kalinya di wilayah Suriah dengan dalih memerangi ISIS dan kelompok-kelompok pejuang Kurdi. Semula mereka bergerak pesat, tapi kemudian melamban setelah pertempuran menghebat di sekitar al-Bab sejak Desember 2016.

Rabu lalu Turki mengaku pasukannya mengalami kemajuan besar dalam serangannya terhadap ISIS di al-Bab, dan untuk tahap selanjutnya mereka merencanakan pergerakan militer menuju kota Raqqah yang menjadi markas besar ISIS.

Perdana Menteri Turki Binali Yelderim menyatakan al-Bab sekarang “terkepung dari semua sisi” dan berbagai distrik yang ada di sekitarnya sudah “terkuasai”.

Sejak Senin lalu al-Bab dari arah utara terkepung oleh pasukan Turki, sedangkan di arah selatan terkepung oleh SAA.

Laporan lain menyebutkan bahwa 45 anggota ISIS tewas digempur SAA di kota Deir el-Zor. (mm/raialyoum/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL