Beirut, LiputanIslam.com –  Sumber-sumber kelompok oposisi Suriah menyatakan bahwa jet-jet tempur Suriah telah menyerang pasukan Perisai al-Furat (al-Furat Shield) di dua desa Tel Madiq dan Tel Jijan di dekat kota al-Bab, provinsi Aleppo, Suriah utara, Selasa (25/10/2016). Perisai al-Furat adalah pasukan berafiliasi dengan Pasukan Kebebasan Suriah (Free Syrian Army/FSA) yang didukung langsung oleh Turki.

Hal ini tercatat sebagai pergesekan pertama kalinya pasukan pemerintah Suriah, SAA, dengan pasukan yang didukung langsung oleh Turki.

Kantor media zona operasi “Hawar Kilis” menyatakan tiga anggota  FSA tewas terkena serangan helikopter SAA di desa Tel Madiq.

Kantor ini menambahkan bahwa SAA dan Pasukan Demokrasi Suriah pimpinan Partai Uni Demokrasi (PYD) telah melancarkan serangan kolektif terhadap pasukan Perisai al-Furat yang menguasai beberapa daerah di bagian utara provinsi Aleppo yang semula dikuasai oleh kelompok teroris ISIS.

Kapten Abdul Salam Ahmad Abdul Razzaq juru bicara Gerakan Nur al-Din al-Zenki mengatakan bahwa jet-jet tempur Suriah menyerang pasukan Perisai al-Furat dengan tujuan menghentikan gerak maju pasukan ini menuju kota al-Bab yang menjadi markas terakhir ISIS di provinsi Aleppo.

Serangan ini terjadi beberapa jam setelah pasukan Perisai al-Furat menguasai tiga desa Kasarah, Tel Madiq, dan Tel Jijan dekat kota al-Bab setelah bertempur dengan ISIS.

Beberapa hari sebelumnya, SAA mengancam akan menyerang pasukan Turki yang bercokol di wilayah Suriah. SAA bahkan juga mengancam akan merontokkan jet tempur Turki yang melanggar zona udara Suriah. (mm/raialyoyum/shamtime)

DISKUSI:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL