kapal selam rostov rusiaMoskow, LiputanIslam.com –   Untuk pertama kalinya, kapal selam Rusia ikut memuntahkan rudal-rudalnya untuk menghajar kawanan teroris ISIS di Suriah. Sebagaimana dilaporkan media Rusia yang dikutip AFP, Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu Selasa lalu (8/12) menyatakan kapal selam yang beroperasi di Laut Tengah itu telah meluncurkan untuk pertama kalinya rudal-rudal jelajah supersonik jenis Kalibr untuk menggempur posisi-posisi ISIS di Suriah.

“Kami menggunakan rudal jelajah Kalibr dari kapal selam Rostiv-on-Don dari Laut Tengah,” lapornya kepada Presiden Rusia Vladimir Putin.

Dia menambahkan bahwa rudal-rudal itu menyasar dua posisi utama ISIS di kawasan Raqqa.

“Kami dapat mengatakan dengan penuh keyakinan bahwa kerusakan signifikan telah menimpa gudang amunisi dan pabrik produksi tambang, serta infrastruktur minyak,” lanjutnya.

Video peluncuran rudal itu dapat disaksikan di bawah ini:

7 Oktober lalu Angkatan Laut Rusia di Laut Kaspia juga telah meluncurkan 26 rudal yang sama terhadap posisi-posisi ISIS di Suriah. Rudal-rudal yang dimuntahkan dari empat kapal perang Rusia itu menempuh jarak sekitar 1500 km dan mengena 11 sasaran dengan tingkat akurasi yang tinggi sehingga tidak menimbulkan korban sipil.

Shoigu juga mengatakan bahwa Angkatan Udara Rusia dalam tiga hari terakhir telah melakukan 300 kali serangan terhadap 600 target dengan menggunakan jet bomber Su-30. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL