yaman pro ansarullah3Sanaa, LiputanIslam.com – Di tengah memanasnya hubungan gerakan Ansarullah atau kelompok al-Houthi yang menguasai Sanaa, ibu kota Yaman, dengan negara-negara Arab Teluk Persia di sekitarnya, terutama Arab Saudi, milisi pimpinan Abdul Malik al-Houthi itu dikabarkan akan menggelar latihan militer di sebuah lokasi dekat garis perbatasan selatan Arab Saudi.

Keterangan sumber-sumber lokal provinsi Sa’dah yang dilansir laman berita Yemen-24 Kamis (12/3/2015) menyatakan bahwa Ansarullah akan menggelar latihan militer di kawasan al-Baq’ah yang berdekatan denggan kota perbatasan Arab Saudi, Najran.

Disebutkan bahwa dalam beberapa hari terakhir ini Ansarullah diam-diam telah melakukan berbagai persiapan untuk menggelar latihan perang, namun belum ada komentar apapun dari pihak Ansarullah terkait berita ini.

Berita ini mengemuka bersamaan dengan dimulainya sidang para menteri negara-negara anggota Dewan Kerjasama Teluk (GCC) di Riyadh dengan agenda membahas perkembangan krisis Yaman.

Menurut laporan tersebut, belum pernah Ansarullah menggelar latihan perang di al-Baq’ah. Selama ini, Ansarullah biasanya menggelar latihan perang di beberapa kawasan lain, yaitu Matrah, Naq’ah, dan Khulan di provinsi Sa’dah.

Sementara itu, kota Aden di bagian selatan Yaman diguncang beberapa ledakan bom kuat, namun tidak ada laporan mengenai akibat ledakan itu.

Menurut Yemen-24, ledakan itu segera disusul dengan kontak senjata sengit antara kawanan bersenjata dan pasukan khusus Yaman di dekat markas pasukan khusus ini. Tak lama setelah terjadi beberapa ledakan, kawanan bersenjata tak dikenal melancarkan serangan terhadap pangkalan militer pasukan khusus Yaman. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*