Damaskus, LiputanIslam.com –   Pasukan Arab Suriah (SAA) dan sekutunya di provinsi Deir Ezzor  sedang memperbaiki dan menyiapkan pangkalan udara di tenggara kota Deir Ezzor setelah berhasil memecah kepungan kelompok teroris iSIS terhadap kota ini.

Sumber militer Suriah mengatakan bahwa operasi SAA dewasa ini terbatas di sekitar desa al-Jafrah yang masih mereka pertahankan dari serangan ISIS dengan tujuan mengamankan pangkalan udara.

“Telah dimulai proses perlindungan dan perbaikan landasan-landasan pacu pangkalan udara untuk menjadikannya sebagai titik tolak serangan-serangan anti ISIS bersamaan dengan operasi militer yang terbatas di sisi barat Sungai Furat,” ungkap sumber itu.

Setelah memecah kepungan ISIS terhadap Deir Ezzor, SAA juga balik mengepung ISIS dari tiga arah melalui penguasaan atas sisi barat Sungai Furat sebagai persiapan untuk melancarkan serangan final terhadap kawanan teroris dari bagian timur kota ini.

Sementara itu, Presiden Suriah Bashar al-Assad menegaskan bahwa Suriah kini berada dalam proses yang stabil menuju kemenangan berkat pengorbanan tentaranya, kesolidan rakyatnya, dan dukungan negara-negara sahabat.

Provinsi Deir Ezzor dewasa ini menjadi ajang dua operasi militer anti ISIS yang satu di antaranya dilancarkan oleh SAA dengan dukungan Rusia di kota Deir Ezzor dan sisi baratnya, dan yang lain digelar oleh Pasukan Demokrasi Suriah (SDF) yang merupakan aliansi Kurid dan Arab yang didukung oleh pasukan koalisi internasional pimpinan AS.  (mm/rayalyoum/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL