Teheran, LiputanIslam.com –  Presiden Iran Hassan Rouhani menegaskan bahwa negaranya telah dan akan terus memroduksi alat dan sistem pertahanan (alutsista)-nya sendiri tanpa mempertimbangkan tanggapan pihak lain, dan berkat semua upaya ini Angkatan Bersenjata Iran memiliki alutsista mutakhir yang membuatnya siap membela negara republik Islam ini.

Hal ini dia ungkapkan dalam kata sambutannya pada peringatan Hari Angkatan Bersenjata Iran yang ditandai dengan parade militer besar-besaran di area makam pendiri Republik Islam Iran Imam Khomaini, Rabu (18/4/2018).

Rouhani mengatakan bahwa Angkatan Bersenjata Iran selalu berdampingan dengan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) dalam mengabdi kepada rakyat dan memperjuangkan kejayaan Iran, baik di masa perang maupun di masa damai.

“Dengan berinovasi, baik di era Pertahanan Suci (perang Irak-Irak 1980-1988) maupun era setelahnya dalam industri pertahanan negara, Angkatan Bersenjata bersama para pejuang lainnya telah membuktikan di semua tahapnya bahwa Iran memiliki kemampuan yang besar dalam menghadapi konspirasi musuh,” ungkapnya.

Dia menegaskan, “Dalam beberapa tahun terakhir kita melihat adanya berbagai konspirasi di mana pada setiap tahap ketika kekuatan-kekuatan asing bercokol di kawasan  (Teluk Persia) ini selalu bicara tanpa malu mengenai minyak dan sumber-sumber ekonomi Iran serta cadangan negara-negara kawasan ini.”

Rouhani menambahkan, “Kita bukan berada di kawasan yang biasa di dunia ini, melainkan kawasan sensitif dimana kekuatan-kekuatan agresor bercokol dan berkonsentrasi secara ilegal, mencampuri urusan regional tanpa mengindahkan undang-undang internasional, mengagresi negara lain tanpa seizin PBB, dan menyalahi piagam antarbangsa dan kaidah internasional.”

Presiden Iran mengingatkan bahwa di tengah kondisi demikianlah kekuatan-kekuatan besar itu memanfaatkan kelompok-kelompok teroris sebagai alat untuk mengejar tujuannya dan menggoyang keamanan regional, dan karena itu Iran memerlukan pasukan yang tagguh dalam menghadapi konspirasi mereka dan agar para teroris tak berpikir untuk menyusup ke wilayah Iran.

Dalam parade militer besar-besaran itu Angkatan Bersenjata Iran telah memamerkan berbagai jenis alutsista mutakhirnya. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*