Grand_Ayatollah_Ali_Khamenei,Teheran, LiputanIslam.com – Pemimpin Besar Revolusi Islam Iran Grand Ayatullah Ali Khamenei, Rabu (29/6), menyerukan kepada umat Islam agar turun ke jalan menggelar pawai unjuk rasa damai pada hari Jumat besok (1/7) yang merupakan hari Jumat terakhir bulan suci Ramadhan untuk menandai peringatan Hari al-Quds Sedunia sebagai bentuk kepedulian dan pembelaan mereka atas bangsa tertindas Palestina.

“Dengan anugerah Allah, seruan pembelaan atas bangsa tertindas Palestina akan berkumandang pada hari Jumat mendatang di seluruh penjuru Iran dan dunia Islam. Umat Islam akan menunaikan kewajiban penting membela orang yang tertindas,” katanya dalam sebuah pertemuan dengan para pejabat lembaga kehakiman Iran di Teheran, sebagaimana dilansir FNA.

Laporan lain dari IRNA menyebutkan bahwa seruan serupa juga dikemukakan oleh para ulama besar Iran, termasuk Ayatullah Makarim Syirazi, Ayatullah Nouri Hamadani, Ayatullah Jakfar Subhani, Ayatullah Abdullah Javadi Amuli, dan Ayatullah Sayyid Mohammad Ali Husaini Alawi Kurkani.

Ayatullah Makarim Syirazi menyatakan harapannya agar Masjid al-Aqsa yang pernah menjadi kiblat umat Islam itu dapat terbebas dari cengkraman kaum Zionis Israel.

“Hari al-Quds adalah hari berlepas diri dari para penjarah dan pembunuh,” katanya.

Ayatullah Jakfar Subhani juga mengingatkan bahwa Masjid al-Aqsa merupakan kiblat pertama umat Islam dan tempat mikraj Rasulullah saw sehingga menuntut kepedulian besar dari umat Islam.

Sementara Ayatullah Abdullah Javadi Amuli menyatakan bahwa Hari al-Quds Sedunia digagas oleh Imam Khomaini demi membela bangsa tertindas Palestina maupun bangsa-bangsa tertindas lain di dunia.

Ketua Komisi Dukungan Kepada Intifada dan Hari al-Quds Ramezan Sharif menyatakan sebanyak 850 kota di Iran akan dibanjiri pawai akbar peringatan Hari al-Quds Sedunia.

Dia juga mengatakan bahwa pada peringatan ini umat Islam Iran mengangkat tema “Persatuan Umat Islam, Dukungan Kepada Intifada Palestina, dan Pembebasan Dari Rezim Zionis dan Teroris Takfiri.” (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL