Baghdad, LiputanIslam.com –  Komandan operasi al-Furat Tengah, Irak, Brigjen Qais al-Hamdawi pada akhir acara puncak peringatan Asyra, yaitu hari kesyahidan cucunda Nabi SAW, Imam Husain ra, mengumumkan bahwa lebih dari enam juta orang, 400,000 di antaranya dari mancanegara, telah berziarah ke makam Imam Husain ra di kota Karbala.

“Jumlah peziarah di Karbala pada tanggal 10 Muharram mencapai lebih dari enam juta orang, dan 400,000 peziarah berasal dari sejumlah negara Arab dan non-Arab,” katanya dalam jumpa pers, Minggu (1/10/2017).

Dia juga menyebutkan bahwa pasukan relawan al-Hashd al-Shaabi telah mengatur sistem keamanan proses penyelenggaraan peringatan ini sebelum dan sesudah acara.

Menurutnya, di kawasan Kilometer 160 perbatasan provinsi Anbar dengan Karbala, sebanyak 21 teroris pembawa serangan bom bunuh diri tewas diterjang operasi serangan udara dan darat pasukan Irak.

Badan pengurus makam Imam Husain ra mendata bahwa para peziarah mancanegara yang mengikuti peringatan ini selain datang dari negara-negara Arab juga datang negara-negara non-Arab antara lain Iran, Pakistan, India, Afghanistan, dan Azarbaijan.

Badan ini juga menyebutkan bahwa sebanyak 4000 relawan telah bekerja intensif mengatur arus kedatangan peziarah, sementara hampir 20,000 relawan lainnya bekerja memberikan layanan kepada para peziarah yang telah masuk di kota Karbala.

Dilaporkan pula bahwa keamanan superketat telah diterapkan, terutama dengan memeriksa kendaraan yang datang, untuk mengantisipasi penyusupan teroris yang berniat  menyerang peziarah.

Tak ada laporan mengenai adanya insiden serangan teroris dalam peringatan Asyura di Karbala kali ini. (mm/fna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL