pasukan-irak-menuju-mosulBaghdad, LiputanIslam.com –  Operasi pembebasan Mosul, Irak utara, yang dimulai oleh pasukan negara ini sejak Minggu lalu (16/10/2016) berhasil membebaskan 53 desa, membunuh sedikitnya 473 teroris ISIS, dan menangkap 22 rekan mereka yang masih hidup. Demikian dinyatakan oleh komando operasi gabungan Irak, Jumat (22/10/2016).

Selain itu pasukan Irak  juga telah menghancurkan beberapa senjata dan peralatan tempur ISIS, yaitu 95 bom mobil dan motor, 21 peluncur mortir, 16 senapan otomatis, tujuh bom sabuk, tiga terowongan , satu gudang amunisi besar, dan 352 bom rakitan.

Sementara itu, kepala kepolisian kota Kirkuk Brigjen Umar Arif mengatakan tak kurang dari 48 teroris ISIS tewas dalam kontak senjata mereka dengan pasukan keamanan dan dalam aksi serangan bom bunuh diri mereka yang terjadi sejak mereka beraksi di dalam kota Kirkuk Kamis dini hari lalu.

Sementara di pihak Irak sendiri korban tewas berjumlah 46 orang dan korban luka 133 orang yang sebagian besar adalah petugas keamanan.

Warga provinsi Nineveh mengatakan ISIS telah meledakkan Hotel Oberoi berbintang lima, terbesar di provinsi Nineveh, dan  terletak di sisi Sungai Tinggris.

“Peledakan hotel 11 tingkat yang semula dijadikan sebagai tempat tinggal oleh para petinggi ISIS itu menyebabkan kebencian yang luar biasa penduduk Mosul terhadap kelompok ini,” ujarnya, sembari menyebutkan bahwa sejak ditempati para petinggi ISIS, hotel itu telah diganti nama oleh gerombolan teroris ini dengan Hotel al-Warithin.

Menteri Dalam Negeri Kurdistan Irak Karim Sinjari mengatakan bahwa pasukan Irak sekarang sudah berada di lokasi sejarak 5 km dari kota Mosul, namun dia memperkirakan perang tidak akan segera usai.

“Perang tidak diperkirakan akan segera usai,” katanya.

Menurutnya, para kombatan ISIS di Mosul yang jumlahnya diperkirakan 4000 – 8000 orang akan melakukan perlawanan mati-matian karena Mosul secara simbolik sangat penting bagi mereka. (mm/rayalyoum/al-sabah/kuna/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL