perang kobaneDamaskus, LiputanIslam.com – Kelompok Pengawas Hak Asasi Manusia (HAM) Suriah Ahad ( 26/10) menyatakan tujuh teroris anggota kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) tewas dalam pertempuran terbaru di kota Ain al-Arab (Kurdi: Kobane), Suriah.

Menurut laporan kantor berita resmi Kuwait, KUNA, hal tersebut terjadi dalam peristiwa serangan ISIS untuk menguasai kawasan al-Jamruk di Kobane.

Lembaga Pengawas HAM Suriah mengutip keterangan beberapa narasumbernya menyebutkan bahwa dalam pertempuran terbaru antara ISIS dan para pejuang Kurdi yang dimulai di kawasan Suq al-Madinah Sabtu lalu, itu sebanyak tujuh anggota ISIS dan beberapa pasukan Kurdi tewas.

Menurut lembaga yang berbasis di Inggris ini, pasukan ISIS berusaha menguasai kawasan al-Jamruk tetapi gagal.

Dalam peristiwa lain yang dilaporkan IRNA, di hari yang sama tentara Suriah berhasil menghabisi sejumlah besar kawanan ekstrimis takfiri bersenjata di provinsi Daraa dan Quneitra di bagian selatan negara ini, tepatnya di kota-kota Daraa, Basra, Shekh Miskin, Atman, Mashara dan Hamidia.

Bersamaan dengan ini, tentara pemerintah Suriah juga melanjutkan operasi militernya di provinsi-provinsi bagian utara dan tengah Suriah, termasuk provinsi Aleppo, Idlib, Hamah dan Homs.

Operasi mereka di kota pinggiran kota Latakia di bagian barat laut Suriah berhasil meluluh lantakkan sarang teroris takfiri anggota Front al-Nusra di desa al-Darrah serta membunuh sejumlah besar anggota kelompok yang berafiliasi dengan al-Qaeda tersebut. Beberapa di antara teroris yang tewas diketahui sebagai warga negara asing.

Sementara itu, kantor berita resmi Suriah, SANA, melaporkan bahwa dalam operasi militer di pinggiran kota Hamah seorang komandan teroris dari kelompok Brigade Abdulrahman bernama Jaraat Habani tewas. Sedangkan di kawasan sekitar kota Homs dan Damaskus sebanyak 300 orang ekstrimis telah meletakkan senjata, menyerah dan mengaku menyesali perbuatannya mengacaukan keamanan di Suriah.

SANA juga melaporkan bahwa satu anggota ISIS berkewarganegaraan Jerman bernama Abu Muhammad al-Almani tewas di tangan pasukan negara Suriah dalam pertempuran yang terjadi di provinsi Der al-Zor Sabtu malam lalu. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL