pasukan tank irakFallujah, LiputanIslam.com – Pertempuran antara pasukan Irak dan kawanan teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) terus berlanjut di beberapa kawasan di provinsi Anbar, Selasa kemarin (31/5). Pertempuran hebat terjadi bagian timur provinsi Anbar dan di sebelah barat Baghdad, ibu kota Irak, sementara sejak Selasa malam pasukan Irak mulai bergerak menuju pusat kota Fallujah dan sebanyak beberapa kawasan lain di bagian selatan kota ini berhasil dibebaskan.

Abu Mahdi al-Mohandis Wakil Ketua Dewan al-Hasdh al-Shaabi, pasukan relawan Irak, Selasa malam mengatakan pasukan Irak mulai bergerak maju menuju pusat kota Fallujah dan kawasan bangunan-bangunan milik pemerintah.

“Kota ini sudah terkepung total, dan pasukan terus bergerak untuk menyudahi riwayat ISIS di kota ini,” katanya, seperti dilansir IRNA.

Dia menambahkan bahwa pasukan Irak juga bekerja keras mengevakuasi penduduk menuju kawasan yang aman. Pasukan kontra-terorisme dan pasukan kepolisian pemerintah dikerahkan dalam pergerakan ke pusat kota dan terjadi pertempuran sengit di beberapa kawasan Fallujah.

Kawasan al-Uwainat di pinggiran Fallujah sudah diterjang operasi pembebasan sejak Minggu lalu dan pada Selasa kemarin berhasil dibersihkan dari ranjau dan bahan-bahan peledak aktif lain. Pasukan Irak kemudian melanjutkan operasi militernya dengan bergerak hingga mencapai Jembatan Albu Latief.

Pertempuran sengit berlanjut di kawasan al-Uramiyah di mana pasukan Irak terus mendesak kawanan teroris takfiri ISIS sejak Minggu lalu.

Sejak hari itu pula kawanan ISIS berusaha kabur dari kepungan dan mengurangi tekanan mental mereka dengan cara melancarkan serangan sengit kawasan utara Saqlawiyah, namun berhasil ditahan dengan hebat oleh pasukan Brigade Asyura yang bernaung di bawah al-Hashd al-Shaabi, dan pertempuran terus berlanjut sepanjang siang kemarin.

Para pengamat menyebutkan bahwa serangan ISIS ke kawasan utara Saqlawiyah itu merupakan nafas-nafas terakhir mereka di wilayah tersebut. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL