TelAviv, LiputanIslam.com –  Utusan Khusus PBB untuk Yaman Martin Griffith tiba di Sanaa, ibu kota negara ini, Rabu (21/11/2018), dalam rangka melanjutkan upayanya menciptakan situasi yang kondusif bagi perundingan damai yang dijadwalkan akan berlangsung di Swedia akhir bulan ini antara kedua pihak dalam konflik di Yaman.

Griffith dijadwalkan mengadakan pertemuan dengan para pemimpin kelompok pro-Ansarullah (Houthi) untuk memperoleh kepastian mengenai partisipasi mereka dalam putaran dialog berikutnya.

Kubu Ansarullah di satu pihak dan kubu mantan presiden Abd Rabbuh Mansour Hadi di pihak lain dalam beberapa hari terakhir ini mengaku mendukung upaya perdamaian PBB.

Agenda kunjungan Griffith ke Yaman kali ini belum ditentukan sehingga tidak jelas apakah juga akan mengunjungi daerah lain, termasuk pelabuhan strategis Hudaydah di bagian barat Yaman, yang dalam beberapa bulan terakhir ini hendak direbut oleh pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi namun terus dipertahankan oleh pasukan Ansarullah.

Beberapa media menyebutkan bahwa kawasan Hudaydah kembali menjadi ajang konfrontasi dalam beberapa hari terakhir. AFP melaporkan bahwa pinggiran kota yang menghadap Laut Merah itu pada Selasa, malam kedua berturut-turut, menjadi ajang bentrokan sengit yang baru berhenti pada pagi hari.

Kepada AFP warga setempat mengatakan serpihan roket menimpa lingkungan kota Hudaydah, sementara AP menyebutkan bahwa menurut wartawan dan saksi mata, bentrokan terjadi di jl. Al-Khamsin di pusat kota dan di daerah perumahan al-Saleh.

Sumber lokal juga mengatakan kepada Reuters bahwa pesawat koalisi Arab baru-baru ini melanjutkan serangannya ke pelabuhan Hudaydah yang dikuasai Ansarullah.

Hal itu terjadi manakala Dewan Keamanan PBB sedang mempertimbangkan draf resolusi yang diajukan oleh Inggris dan berisi seruan kepada semua pihak terlibat dalam konflik agar segera menghentikan pertempuran di Hudaydah, dan menghapus segala bentuk hambatan bagi pengiriman bantuan kemanusiaan ke semua wilayah negara ini melalui pelabuhan strategis Hudaydah. (mm/rt)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*