imigran tenggelam di turkiAnkara, LiputanIslam.com – Sedikitnya 13 imigran, beberapa di antaranya anak kecil, tewas setelah perahu yang mereka tumpangi bertabrakan dengan sebuah ferry di wilayah Turki. Demikian dilaporkan BBC berdasarkan keterangan penjaga pantai setempat, Minggu (20/9).

Insiden itu terjadi di sebuah kawasan dekat pelabuhan Canakkale, Turki, ketika perahu bergerak menuju pulau Lesbos milik Yunani.
Di hari yang sama juga terjadi insiden serupa di mana 26 orang diduga hilang dan masih dalam proses pencarian.

Penjaga pantai Turki menyatakan satu helikopter dan enam perahu penyelamat telah dikirim ke lokasi.

Delapan orang berhasil diselamatkan, satu di antaranya luka parah, dan beberapa sumber menyebutkan empat di antara korban tewas adalah anak kecil.

Pada insiden kedua, penjaga pantai Yunani menyatakan pihaknya berhasil menyelamatkan 22 warga yang terlihat di perairan dekat Lesbos, tapi masih ada 26 orang lain yang hilang.

Sementara itu, ratusan imigran masih terus bergerak untuk menembus perbatasan di bagian selatan Eropa, dan sebagian besar mereka sekarang bergerak menuju Austria.

Sabtu lalu satu bayi perempuan usia 5 tahun tewas dan 13 orang lainnya hilang setelah perahu mereka tenggelam di perairan dekat Lesbos.

Penyeberangan dengan menggunakan perahu dari Turki ke pulau-pulau milik Yunani ketahui beresiko berat, namun tetap dilakukan oleh para imigran yang sebagian besar adalah pengungsi Irak, Suriah dan Afghanistan. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL