imigran di yamanTaiz, LiputanIslam.com – Sedikitnya 35 orang imigran asal Afrika hilang di perairan barat daya pantai Yaman akibat cuaca buruk yang membuat perahu yang mereka tumpangi tenggelam, Senin (2/2/2015). Demikian dinyatakan seorang petinggi militer Yaman, sebagaimana dilaporkan kantor berita negara ini, Saba.

“Delapan orang asal Ethiopia dan lima orang asal Somalia, satu di antaranya perempuan berhasil diselamatkan, serta satu jenazah warga negara Somalia juga dapat dievakuasi dari sebuah perahu yang mengangkut 49 penumpang,” ujar Jenderal Saleh al-Sobari.

Gelombang tinggi telah membuat perahu itu terbalik saat melintas dari Bab al-Mandab antara pulau Miyun and Thubab. Upaya pencarian korban terus dilakukan oleh tim SAR.

Kecelakaan serupa sudah berulangkali terjadi dengan korban warga asal benua Afrika, khususnya Ethiopia dan Somalia, yang bermaksud memperbaiki nasib dengan cara menyebrang menuju Arab Saudi melalui wilayah Yaman.

Pada Desember 2014 otoritas Yaman melaporkan 70 imigran tewas setelah perahu mereka tenggelam akibat cuaca buruk di dekat Selat Bab al-Mandab.

Sepanjang lima tahun terakhir, lebih dari 500,000 orang yang sebagian besar warga negara Ethiopia dan Somalia telah menyebrang ke Yaman untuk mencari pekerjaan di Arab Saudi dengan menaiki perahu-perahu yang umumnya sarat penumpang dan jauh melebihi kapasitas. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL